Dukung Industri Fashion Muslim Indonesia, Mandala Institute Gelar Hijab Festival 2017

gomuslim.co.id- Tren hijab di Indonesia kian melebarkan sayapnya dengan terus berinovasi mengembangkan kreativitas para desainernya. Dengan adanya gelaran Hijab Festival di berbagai kota akan mampu mendukung potensi daerah tersebut.

Salah satunya adalah Kabupaten Bandung sebagai produsen pakaian hijab yang telah lebih dulu dikenal di Indonesia. Dengan gelaran event yang menarik, diharapkan akan menggairahkan ekonomi para pengusaha pakaian hijab serta semua hal yang terkait dengan industri tersebut.

Inisiator Mandala Institute, Ahmad Najib Qodratullah mengatakan bahwa seperti yang diketahui, wilayah Kabupaten Bandung, terutama di Kecamatan Soreang dan sekitarnya, sudah menjadi sentra industri rumahan untuk produk pakaian hijab.

“Produk mereka menyebar ke seluruh Indonesia melalui Pasar Tanah Abang Jakarta dan Pasar Baru Bandung,” ujarnya saat membuka Hijab Fest Competition 2017 di Hotel Sutan Raja Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (15/04/2017).

Pada kesempatan itu, Mandala Institute menggelar Hijab Fest Competition 2017 bertema "Glowing Gown on Hijab". Acara itu terdiri dari Pemilihan Puteri Hijab Mandala 2017 serta gelar wicara (talkshow) tentang hijab. Acara dipandu Lutfia Anesty, Putri Hijab MNC 2015 sekaligus presenter TVRI Jabar. Tampil sebagai bintang tamu Reskita A Purnama, finalis Putri Muslimah Indosiar 2015.

"Acara Hijab Fest kali ini memiliki sedikitnya tiga hal penting. Pertama, hijab adalah panduan bagi pribadi Muslimah tentang bagaimana ia harus bersikap. Kedua, hijab diharapkan menjadi industri yang akan menggerakkan ekonomi Kabupaten Bandung. Ketiga, semoga gelaran ini menjadikan generasi hijab yang akan berdaya dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungannya," tukas Najib.

Menurut Najib, para Muslimah yang tergabung di Mandala Institute akan mendapatkan banyak pelatihan yang menyangkut kepribadian, keterampilan, serta kewirausahaan. Tujuannya, agar perempuan lebih berdaya. "Saat perempuan berdaya, bukan berarti harus bersaing dengan suaminya. Melainkan diharapkan, mereka akan memperkokoh rumah tangga dan lingkungannya," ucap Najib.

Acara Hijab Fest yang digagas Mandala Institute kali ini adalah yang kedua kalinya dan menjadi salah satu rangkaian ulang tahun yang kedua mereka. "Alhamdulillah acara ini sudah dilakukan tiga kali baik di Bandung Barat maupun Kabupaten Bandung," kata Ketua Mandala Institute, Nurdin Qusyaeri.

Lebih lanjut, Nurdin menilai saat ini tren hijab sudah menjadi tren di kalangan Muslimah. Ia berharap, ajang Hijab Fest yang digagas Mandala Institute ini dapat menjadikan hijab lebih populer dan lebih syar'i. (nat/pr/mandala/dbs)

 


Back to Top