Kemenag Lantik Pengurus Forum Mahasiswa Pendidikan Agama Islam se-Pulau Jawa

gomuslim.co.id-  Forum Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Forsima PAI) se-Jawa baru terbentuk. Pembentukan ini diresmikan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Dit. PTKI) Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama dengan melantik kepengurusan perdana untuk masa kerja 2017-2018.

Dalam pelantikan ini, Vega Nur Akmalia, mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang terpilih menjadi Ketua Forsima PAI se-Jawa. Pelantikan ini dilakukan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sekaligus gelar Rapat Kerja Pengurus Pusat Forsima PAI.

Mewakili Direktur PTKI, Kasi Kemahasiswaan Ruchman Basori berharap Forsima PAI dapat melakukan kajian-kajin PAI serta menjadi wadah calon-calon guru PAI agar mempunyai pandangan dan sikap keagamaan yang rahmatan lil alamin.

Menurutnya, pembelajaran PAI yang moderat sangat dibutuhkan saat ini mengingat meningkatnya eskalasi paham keagamaan Islam yang radikal.

"Guru PAI memegang peranan yang penting dalam mencetak peserta didik untuk menyiapkan generasi yang unggul, mempunyai paham keagamaan yang luas dan komitmen pada keutuhan NKRI," katanya.

Forsima PAI, lanjut Ruchman, harus mampu menjadi laboratorium, sarana berkumpul dan berdiskusi bagi mahasiswa PAI untuk mengoptimalkan tawaran gagasan dan aksi-aksi strategis bagi lahirnya Guru Agama Islam yang moderat, toleran dan damai.

"Islam yang ramah harus dikedepankan daripada Islam yang marah. Islam yang mengayomi dan menyejukan harus diutamakan dari pada Islam yang menakutkan. Dan, Islam harus tampil menjadi penyelesai masalah bukan pembuat masalah," tuturnya.

Terkait usulan agar Forsima PAI mendapat pengakuan (rekognisi) dan fasilitasi sebagaimana Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) lainnya, Ruchman mengaku akan menyampaikan aspirasi tersebut dalam Forum Wakil Rektor atau Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

"Prinsipnya kami akan memberikan pengakuan dan fasilitasi bagi wadah organisasi yang mempunyai visi dan pengembangan PTKI, termasuk Forsima PAI," ucapnya.

Adapun, rapat Kerja Pengurus Pusat Forsima PAI se-Jawa berlangsung dari 14 sampai  16 April 2017. Ketua Jurusan PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Rofiq berharap Forsima PAI dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa PAI se-Jawa untuk peningkatan kualitas PAI. Menurutnya, kehadiran wakil dari Direktorat PTKI adalah wujud serius perhatian Kementerian Agama pada calon-calon guru dan praktisi pendidikan Islam. (fau/kemenag)


Back to Top