MNC Sekuritas-BEI Resmikan Galeri Investasi Syariah di Banten

gomuslim.co.id- PT MNC Sekuritas meresmikan Galeri Investasi (GI) Syariah Bursa Efek Indonesia (BEI) di Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten (UIN Banten). Perusahaan sekuritas di bawah naungan MNC Group ini ber komitmen untuk memajukan pasar modal di Tanah Air melalui kegiatan edukasi yang konsisten dan berkesinambungan.

Seremoni peresmian GI Syariah BEI UIN Banten ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan piagam kerjasama yang dilakukan oleh Rektor UIN Banten Prof. Dr. Fauzul Iman, MA, Direktur Pengembangan BEI Hosea Nicky Hogan, dan Direktur Investment Banking MNC Sekuritas Dadang Suryanto.

Kegiatan ini turut disaksikan dan dihadiri oleh Guru Besar Fakultas UIN Banten Prof. Dr. HMA Tihami, MA, Dekan FEBI UIN Banten Dr. Nihayatul Masykuroh, Kabiro AUAKA UIN Banten Dr. Rahmatullah, MM, Pimpinan Kantor OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten Duma Riana H, Direktur Utama Indonesia Securities Investor Protection Fund (SIPF) Ignatius Girendrohu, dan General Manager The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) M. Abdi Kristanto.

Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa dan dosen UIN Banten juga memperoleh edukasi melalui Seminar Pasar Modal yang disampaikan oleh Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Nicky Hogan dengan tema “Yuk Nabung Saham”, oleh Direktur Securities Investor Protection Fund (SIPF) dengan tema “Perlindungan Dana Investor”, dan oleh Sharia Business Development MNC Sekuritas dengan tema “Investasi Saham itu Mudah.”

Direktur Investment Banking MNC Sekuritas Dadang Suryanto menyatakan pasar modal syariah sangat atraktif mengingat pertumbuhan umat Muslim di Indonesia dinilai sangat pesat. “Kalau kita melihat secara umum di Indonesia, permintaan produk yang sifatnya syariah semakin tinggi, mulai dari busana muslim seperti hijab, produk konsumsi seperti shampoo, makeup, dan masih banyak lagi. Tentunya penawaran ini muncul karena ada permintaan,” ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, MNC Sekuritas ingin mengambil peluang sekaligus menjawab tantangan dari industri pasar modal syariah melalui kerjasama dengan BEI dan Universitas Islam atau Institut Agama Islam atau Sekolah Tinggi Agama Islam dalam hal peresmian Galeri Investasi Syariah sehingga umat Muslim dimulai dari generasi muda tidak ragu lagi untuk berinvestasi di pasar modal karena sudah tersedia basis syariah.

“MNC Sekuritas juga sudah memilki platform online trading Syariah yang telah mendapatkan sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional yaitu MNC Trade Syariah sehingga mampu menjawab kebutuhan akan investasi syariah di Indonesia,” ujar Dadang.

Galeri Investasi tersebut merupakan poin GI Syariah BEI ke-9 yang diresmikan oleh MNC Sekuritas setelah GI STEI Tazkia Bogor, GI Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Jakarta, GI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, GI Universitas Islam Nahdatul Ulama (UNISNU) Jepara, GI Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, GI Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Depok, GI STAIN Malikussaleh Lhokseumawe Aceh, dan GI Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA).

Peresmian GI Syariah BEI di UIN Jakarta adalah peresmian Galeri Investasi ke-7 yang dilakukan MNC Sekuritas pada tahun 2017 setelah sebelumnya meresmikan GI BEI di Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, STIE Widya Dharma Pontianak, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) Dharmasraya, dan GI Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) Jakarta. GI Syariah BEI UIN Banten merupakan Galeri Investasi ke-47 MNC Sekuritas, sekaligus merupakan point of sales ke-84.

Per Februari 2017, MNC Sekuritas yang baru saja berganti nama dari sebelumnya MNC Securities per tanggal 22 Maret 2017 sesuai Pasal 7 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 20/POJK.04/2016, berhasil menduduki peringkat 12 based on value, mengalami kenaikan dari sebelumnya peringkat 18 pada bulan Februari 2016. Nilai transaksi bertumbuh 51,3% dari sebelumnya Rp 8,9 Triliun YTD Februari 2016 menjadi Rp 13,5 Triliun YTD Februari 2017. Total jumlah nasabah MNC Sekuritas secara nasional mencatatkan pertumbuhan positif, dari sebelumnya ± 18.000 nasabah menjadi lebih dari 20.000 nasabah per bulan Februari 2017.

MNC Sekuritas masuk dalam ranking 3 besar perusahaan sekuritas swasta lokal yang tercatat di Bursa Efek Indonesia based on value per Desember 2016. YTD Desember 2016, MNC Sekuritas juga mencatatkan pertumbuhan market sharenya sebesar 62 % dan pertumbuhan trading value sebesar 112,5 % secara YoY dari tahun 2015. dibandingkan tahun sebelumnya. Secara peringkat, MNC Sekuritas juga mengalami perbaikan dari peringkat based on value 22 per Desember 2015 menjadi peringkat 14 per Desember 2016.

Melalui berbagai inovasi dan peningkatan layanan bagi nasabah, MNC Sekuritas berkomitmen untuk terus menjadi perusahaan sekuritas terbaik dan terpercaya di Indonesia. (njs/dbs)

 


Back to Top