Gandeng Pakistan, Tatarstan Gencar Promosi Makanan Halal

gomuslim.co.id- Gencarnya promosi makanan halal di kancah dunia membuat Republik Tatarstan melakukan kerja sama dengan Pakistan untuk mempromosikan makanan halal. Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan Tatarstan Denis Vgleen mengatakan makanan halal bukan hanya dapat dilihat dari nilai, agama melainkan juga berkaitan dengan kehigienisan dan kualitas produk tersebut.

Vgleen berpendapat saat ini belum memiliki undang-undang tentang makanan halal. Undang-undang akan diterbitkan setelah mendapat persetujuan dari otoritas federal.

“Jika itu terjadi, kita akan mampu melakukan banyak hal untuk promosi sektor halal. Itu sebabnya kami telah menempatkan perwakilan kami di Pakistan," ungkap Vgleen dalam acara pembukaan Konferensi Halal Internasional di Lahore, seperti dilansir dari publikasi dawn

Dia menjelaskan selain bekerja sama di sektor halal, negaranya ingin memperkuat hubungan dengan Pakistan dengan bekerja sama di sektor lainnya juga. 

Menanggapi kerja sama ini, Menteri Peternakan Pakistan  Saeed Manais mengatakan Pakistan memiliki kapasitas untuk menjadi dapur makanan halal dan higienis bagi dunia. Menurutnya, pemerintah sedang bekerja untuk mempromosikan sektor halal di Pakistan serta negara-negara lainnya.

Sedangkan menurut Menteri Makanan Punjab, Bilal Yasin menambahkan sejak berkembangnya pasar makanan halal secara global, Pakistan mendapat tempat tersendiri  di dunia dengan serangkaian produk makanan halal yang dihasilkan. 

Selama acara Konferensi Halal Internasional ini, para ahli makanan halal dan pejabat yang mewakili berbagai negara termasuk Malaysia, Indonesia, Rusia, Tatarstan, Inggris, Turki dan beberapa negara Timur Tengah mempresentasikan makalah penelitian mereka.

Pihaknya juga sepakat untuk mempromosikan ekspor makanan halal yang bekerja sama dengan Pakistan. Disepakati bahwa sebanyak 40 pengusaha  akan segera mengunjungi Pakistan. Tatarstan merupakan sebuah nama Subyek Federal Rusia. Ibu kotanya ialah Kazan (Qazan). Tatarstan merupakan salah-satu wilayah Rusia di mana mayoritas agama yang dianut oleh penduduknya adalah Islam.

Tatarstan merupakan salah satu wilayah Rusia dimana mayoritas penduduknya beragama Islam. Di Kazan, ibukota Republik Tatarstan terdapat masjid Kul Sharif yang merupakan masjid terbesar di Rusia dan di kawasan Eropa Timur.

Muslim pertama di wilayah Rusia modern adalah masyarakat Dagestani di (kawasan Derbent) setelah pentaklukan Arab (abad ke-8). Negeri Muslim yang pertama adalah Volga Bulgaria pada tahun 922. Kaum Tatar mewarisi agama Islam dari negeri itu. Kemudian kebanyakan orang Turki Eropa dan Kaukasia juga menjadi pengikut Islam. Islam di Rusia telah hadir lalu berkembang pada awal penaklukan kawasan Volga Tengah pada abad ke-16, yang membawa orang Tatar dan Orang Turk lainnya di kawasan Volga Tengah ke dalam negeri Rusia. (nat/dbs)

 


Back to Top