Pemerintah Uni Emirat Arab Gelar Pameran Haji di Masjid Sheik Zayed

gomuslim.co.id-  Baru-baru ini, Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) menggelar pameran haji yang bertema "Haji: Memori Sebuah Perjalanan' yang dibuka pada Rabu, (19/04/2017) di Masjid Sheikh Zayed. Pameran ini hasil kerja sama dengan Otoritas Pariwisata dan Kebudayaan Abu Dhabi (TCA Abu Dhabi).

Wakil Perdana Menteri sekaligus Mneteri urusan Presiden Sheikh Mansour bin Zayed al Nahyan yang bertanggung jawab kegiatan ini mengatakan dalam pameran tersebut akan menghadirkan kisah dan sejarah Makkah serta ritual haji.

"Pameran ini bertujuan untuk menghidupkan kembali makna penting praktik ibadah selain untuk mengajarkan toleransi dan keragaman yang ada di Islam," ungkap Zayed, seperti dilansir dari publikasi Khaleej Times.

Adapun, untuk ide pameran tersebut berasal dari persatuan pendiri bangsa Sheikh Zayed bin Sultan al Nahyan yang juga inisiator berhaji di UEA tahun 1979. Wakil Menteri Urusan Presiden dan Ketua Dewan SZGMC Ahmed Juma al Zaabi mengatakan, pameran ini diilhami oleh pemikiran iman Islam dan kebaikan kemanusiaan dan budaya yang telah diajarkan Sheikh Zayed.

"Nilai emosi melebihi nilai artistik dan arsitekturalnya masjid ini merupakan yang paling menonjol di negara ini," katanya.

Selain itu, Ketua TCA Abu Dhabi Mohamed Khalifa al Mubarak mengatakan, jutaan orang Muslim pergi ke Makkah setiap tahun dari seluruh negara di dunia. Mereka ikut serta dalam ritual ibadah yang membawa mereka untuk rendah hati dan menjalin persatuan.

Pameran ini merupakan sebuah eksistensi dan adanya toleransi yang dibagi oleh pengalaman jamah Emirat selama ini. Pameran ini adakan digelar dalam bentuk sejarah lisan, beberapa foto, arsip, penggambaran rute dan jalur lama yang dipilih jamah haji UEA dan seluruh dunia ke UEA. Selain itu akan dikisahkan tantangan yang mereka hadapi selama perjalanan mereka.

Objek pameran nantinya berasal dari koleksi publik dan swasta baik dari UEA maupun negara lain di seluruh dunia. Dalam pameran juga tersedia penawasan program publik dan seminar pendidikan.

Untuk diketahui, lokasi acara pameran ini adalah Masjid Agung Sheikh Zayed yang berada di kota Abu Dhabi, ibukota Kerajaan Uni Emirat Arab. Masjid ini dinamai sesuai dengan tokoh besar dibalik ide pembangunannya, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, tokoh nasional Uni Emirat Arab sekaligus pendiri Negara Uni Emirat Arab.

Pembangunan masjid Agung Sheikh Zayed merupakan gagasan dari pendiri Negara UEA, Sheikh Zayed Al Nahyan sebagai bagian dari mimpi dia memimpin rakyat UEA dari sebuah Negara berkembang, tradisional menjadi sebuah Negara maju modern. (fau/dbs)


Back to Top