Majalah Time Kembali Rilis 100 Orang Berpengaruh di Dunia, Aktor Muslim Salah Satunya

gomuslim.co.id- Seorang aktor muslim masuk kedalam daftar 100 orang berpengaruh di dunia versi majalah Time baru-baru ini. Dia adalah Riz Ahmed, aktor Muslim yang sukses hidup di London dan tetap berkarier di Amerika Serikat. Ia juga menjadi seorang muslim yang tidak terdiskriminasi seperti para imigran lainnya.

Pemeran pilot pembelot dalam film Rogue One: A Star Wars Story itu dijagokan oleh Lin-Manuel Miranda. Ia melihat ini adalah tahun emas bagi Ahmed. Ia seorang imigran yang berhasil ‘menaklukkan’ dunia hiburan Hollywood dan wajahnya ada di mana-mana.

“Lihat! Riz Ahmed di HBO, memesona dengan penampilannya sebagai Naz, karakter pusat dari The Night Of. Lihat! Riz Ahmed di sana, memerankan Bodhi Rook di Rogue One: A Star Wars Story, menyeberang ke Rebel Alliance dan memikat hati kita,” puji Miranda kepada Ahmed.

Miranda juga tidak melupakan peran Ahmed dalam film The Hamilton Mixtape, yang mengisahkan pengalamannya sebagai imigran. Ahmed juga muncul di film baru Bourne dan Girls.

“Riz Ahmed telah diam-diam mencapai setiap hasrat dan kesempatan selama bertahun-tahun sebagai aktor (The Road to Guantanamo, Four Lions, Nightcrawler), rapper (Post 9/11 Blues, Englistan), dan aktivis (menggalang dana untuk anak pengungsi Suriah, mengadvokasi representasi di House of Commons),” tulis Miranda.

Bagi Miranda, Ahmed adalah inspirasi sejati. Tahun 2016 merupakan masa di mana Ahmed menuai semua buah manis yang telah lama ia tanam. “Dan ini bagian terbaiknya: dia baru mulai,” tulis Miranda.

Ahmed sendiri mulanya mengaku terasing di Hollywood. Jangankan di Hollywood, saat pertama bersekolah di Oxford University saja Ahmed langsung drop karena orang yang ia ajak bicara justru tertawa di depan wajahnya. Mereka bilang, wajah Ahmed mengingatkan pada teroris.

“Saya merasa terjebak di sana, berpikir tentang siapa saya, dari mana saya berasal. Tapi tempat di mana Anda sangat terjebak, di sanalah Anda harus benar-benar terjebak dan tinggal, karena di sana Anda bisa berkontribusi tentang sesuatu yang baru,” kata Ahmed.

Ia tak memungkiri, hal tersebut sangat berat. “Terkadang Anda merasa sangat kesepian. Tapi, Saya bertahan dan berhasil menawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda di sana,” paparnya.

Sekadar informasi, Time baru saja merilis daftar 100 orang paling berpengaruh dunia. Daftar itu biasa dirilis majalah Time setiap tahunnya, berisi nama-nama dari artis, pemimpin, pionir, pengusaha raksasa, sampai sosok-sosok ikonis. Ada beberapa nama lama, ada juga wajah-wajah baru.

Beberapa nama baru lain yang masuk dalam daftar ini termasuk aktris Viola Davis dan Emma Stone, serta aktor Ryan Reynolds. Davis dijagokan oleh Meryl Streep, yang menganggap sang aktris telah menemukan tempatnya tersendiri di gunung terjal dan sulit bernama Hollywood. Sementara Brie Larson yang menjagokan Stone, mengatakan bahwa bintang La La Land itu adalah seorang pemberani sejati.

“Dia tidak pernah takut menunjukkan pada kita hal tersulit yang bisa Anda tunjukkan pada dunia: diri Anda sendiri. Yang diperlukan tidak selalu indah. Tapi dengan Emma, itu nyata, dan itu indah,” ungkap Larson.

Larson dan Stone sudah pernah bertemu di panggung Oscar 2017. Larson merupakan Aktris Utama Terbaik tahun sebelumnya, sementara Stone membawa pulang piala untuk tahun ini.

Nama-nama lain yang masuk daftar di antaranya: James Corden, Chance the Rapper, John Legend, Ashley Graham, Leslie Jones, Alicia Keys, Demi Lovato, Margot Robbie, dan Ed Sheeran—nama terakhir dipilih oleh sahabatnya sendiri yang juga penyanyi, Taylor Swift.

Sementara di jajaran pemimpin yang termasuk 100 orang paling berpengaruh dunia, ada Kim Jong Un penguasa Korea Utara, yang dijagokan oleh Christopher Hill. Nama Theresa May dan Julian Assange pun masuk daftar. May dijagokan Bill English, Assange oleh Jack Goldsmith. (njs/getty/dbs)

 


Back to Top