BPJPH Miliki Kantor Baru di Gedung Laboratorium Halal Pondok Gede

gomuslim.co.id- Adanya peningkatan sektor industri halal di Indonesia menginisiasi berdirinya Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang akan mulai menempati kantor di Gedung Laboratorium Halal Pondok Gede, Jakarta Timur, pada Rabu (26/04/2017).

Kepala Biro Umum Setjen Kementerian Agama Syafrizal mengatkan sesuai arahan Sekjen BPJPH sudah bisa menampati kantor. “Insya Allah, besok kawan-kawan pejabat BPJPH sudah bisa mulai berkantor di Gedung Laboratorium Halal Pondok Gede," ujar Syafrizal, Selasa (25/04/2017).

Berkenaan dengan hal itu, saat ini Biro Umum terus mempersiapkan kelengkapan perkantoran BPJPH, mulai dari meja kursi, lemari, ruang penerima tamu, dan lainnya. Biro Umum juga sedang memperbaiki beberapa fasilitas ruangan, seperti pendingin (AC), jaringan Listriknya, ruang kerja, dan kamar kecil atau toilet.

Pembentukan BPJPH merupakan amanat dari UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. BPJPH saat ini telah terbentuk dan masuk dalam struktur Kementerian Agama berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) No 42 Tahun 2016 tentang Organisasi Tata Kerja (Ortaker) Kemenag.

BPJPH dipimpin oleh seorang Kepala Badan. Struktur BPJPH terdiri atas Sekretariat dan tiga pusat, yaitu; Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal, Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal, dan Pusat Kerjasama dan Standardisasi Halal.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga telah melantik Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara Ali Irfan sebagai Sekretaris BPJPH pada, Sabtu (18/03/2017). Adapun siapa yang akan menduduki jabatan sebagai Kepala BPJPH dan para Kepala Pusat, saat ini masih dalam proses open bidding (lelang terbuka).

Kemudian selang sebulan, Sekjen Kemenag Nur Syam melantik 10 pejabat eselon III BPJPH. Tiga pejabat di Sekretariat, tiga di Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal, serta masing-masing dua pejabat di Pusat Pembinaan dan Pengawasan JPH serta Pusat Kerjasama dan Standardisasi Halal.

Pada kesempatan yang sama, Nur Syam juga telah melantik 24 pejabat Eselon IV BPJPH sehingga struktur jabatan yang ada sudah terisi semua.

Pasal 816 PMA 42/2016 mengatur bahwa BPJPH mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan jaminan produk halal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sedang Pasal 817 menyebutkan, BPJPH menyelenggarakan enam fungsi, yaitu; a. Koordinasi penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program di bidang penyelenggaraan jaminan produk halal; b. Pelaksanaan penyelenggaraan jaminan produk halal; c. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan di bidang penyelenggaraan jaminan produk halal; d. Pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan jaminan produk halal; e. Pelaksanaan administrasi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal; dan f. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri. (nat/halalmui/dbs)


Back to Top