Undang Qari Nasional dan Internasional, Masjid Kubah Emas Gelar Haflah Alquran

gomuslim.co.id- Masjid Dian Al-Mahri atau Masjid Kubah Emas Depok, Jawa Barat menggelar Haflah Alquran. Kegiatan yang digelar dalam rangka maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus perisapan menyambut Ramadhan 1438 H ini menghadirkan belasan Qari nasional dan internasional.

Hadirnya para qori kelas dunia ini sebagai langkah untuk memberikan semangat kepada generasi muda Islam supaya lebih mencintai Alquran. “Ada 16 qori dan qoriah yang hadir pada malam ini. Mereka rata-rata berusia muda,” ujar Manajer Masjid Kubah Mas Depok, HM Ilham, Senin (24/04/2017).

Adapun para Qari dan Qariah nasional maupun internasional itu antara lain Muhammad Miftah Farid, Farhan Muhammad, Abdullah Sengkang Gurium, Ilham Mahmuddin, Muhammad Mahdafi, Muhammad Aidil Haq, Rajif Fandi, Qadarasmadi Rasyid, Amirudin Said, Dasrizal Muhammad Nainin, Cucu Marlina, Mastia Lestaluhu, Siska Afrianti, Hj Astina, dan Trio Hasibuan.

Selain mereka, hadir pula pada acara Haflah Alquran ini Imam Besar Masjid Kubah Mas, Ustadz  Hasanuddin Sinaga, dan Ketua DKM Baitul Kamal Depok Ustadz  Syarifuddin, Ketua BKM Nururrahman Syahruddin dan Ustadz  Khoirudin al-Bughury, serta Habib Said Saleh Doman.

Wakil Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta, Ustadz Syarifuddin Muhammad menuturkan kegiatan belajar Alquran, baik melalui tilawah, nagham, tafsir, dan menadabburinya perlu terus ditingkatkan. Menurutnya, semangat umat untuk belajar Alquran sedikit mengalami penurunan belakangan ini.

"Oleh karenanya kegiatan Haflah Alquran dalam rangka menadabburi Alquran harus terus didorong. Ini supaya semangat umat Islam untuk belajar Alquran semakin meningkat kedepannya," kata Ustadz Syarifuddin.

Ia menjelaskan, saat ini sudah mulai banyak lembaga-lembaga yang secara khusus mengajarkan Alquran. Seperti rumah tahfizh, tahfizh online, Darul Quran, dan lainnya. "Kegiatan seperti ini sangat positif. Selain dibaca,  juga ditadabburi," terangnya.

Hal senada juga dikatakan salah seorang qori tingkat nasional Muhammad Aidil Haq. Ia mengatakan acara Haflah Alquran ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan minat masyarakat umat Islam pada tilawah atau nagham Alquran. “Kegiatan ini sangat positif untuk semua kalangan umat Islam supaya tradisi tilawah Alquran tetap terjaga,” katanya.

Aidil menambahkan acara ini juga menjadi syiar Islam bagi umat. Sebab, ungkapnya, belakangan ini minat masyarakat untuk belajar tilawah Alquran terutama nagham Alquran, tampak mulai menurun, khususnyadi kalangan anak muda.

“Saya berharap melalui kegiatan seperti ini, pembinaan tilawah Alquran dapat terus ditingkatkan khususnya bagi kalangan muda. Jika lebih intens belajar tilawah Alquran, Insya Allah akan mudah," terangnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa para qori-qoriah yang tergabung dalam lembaga persaudaraan para qurra, siap membina dan membimbing anggota masyarakat yang ingin belajar Alquran, baik dari segi tilawah, nagham, maupun tadabbur Alquran. "Dalam lembaga qurra ini juga terdapat pada hafizh dan guru-guru Alquran," ujar Aidil. (njs/dbs)


Back to Top