Upaya Pemberdayaan Warga, Rumah Zakat Gelar Pelatihan Klinik Asuransi Sampah

gomuslim.co.id-  Baru-baru ini, Tim Rumah Zakat bersama Cita Sehat mengunjungi wilayah binaan RW 12 Kelurahan Maleer, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

Fadhli perwakilan Cita Sehat yang merupakan mitra Rumah Zakat dalam bidang kesehatan mengatakan bahwa kegiatan ini program bertujuan untuk mengadakan pelatihan yang ditujukan untuk kader klinik asuransi sampah.

Lebih lanjut, Fadhli mengatakan klinik ini adalah program yang melibatkan masyarakat dalam pengelolaan sampah. Tujuannya yaitu untuk biaya pengobatan dan kebutuhan bersama lainnya.

Selain mengadakan pelatihan bagi para kader, di lahan yang cukup luas itu, diselenggarakan pula peresmian Kebun Gizi berbasis TOGA. Para warga juga diajak untuk menanam berbagai jenis tanaman obat yang dapat dipetik dan digunakan kembali oleh warga setempat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan program dan arahan strategis di RW 12 binaan Rumah Zakat. Alhamdulillah kegiatan ini dihadiri oleh DPLH Kota Bandung, Aparat Kelurahan Maleer, Ikatan Alumni SMA 3 angkatan 1989 dan Branch Manager Rumah Zakat Cabang Bandung, Pak Mulyana Yusuf,” ungkap Fadhli.

Kedatangan Rumah Zakat bersama Cita Sehat disambut baik oleh warga di Kelurahan Maleer. Mereka menyuguhkan minuman jahe yang merupakan hasil olahan Kebun TOGA di wilayah mereka.

“Mudah mudahan dengan diresmikannya wilayah ini dapat menjadikan masyarakat lebih produktif dan semakin amanah dalam menjalankan programnya,” harap Djaya, Ketua RW 12.

Untuk diketahui, Rumah Zakat (RZ) adalah lembaga filantropi yang digagas sejak tahun 1998. Lembaga ini mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan). (fau/rz)


Back to Top