Yayasan Masjid Nusantara Akan Bangun 12 Masjid di Pelosok Indonesia Timur

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, Yayasan Masjid Nusantara (YMN) menargetkan pembangunan 12 masjid di kawasan Indonesia Timur. Program tahun 2017 ini memang sengaja dikhususkan di Indonesia Timur,karena  di daerah tersebut banyak masjid yang mangkrak belasan tahun akibat kekurangan dana.

Direktur Masjid Nusantara, Hamzah Fatdri Ulhaq mengatakan selama ini bersama para donatur, YMN telah membangun 49 masjid di 17 kota dan kabupaten di 7 provinsi. Masjid-masjid ini didirikan di kawasan permukiman muslim yang belum memiliki masjid.

Selain itu, lanjut Hamzah, saat ini Masjid Nusantara sedang membangun masjid di Kepulauan Adonara di Nusa Tenggara Timur.

Menurut Hamzah, masyarakat Muslim di desa Tikatukang ini merupakan minoritas, sehingga belum memiliki masjid. "Biasanya mereka berjalan 3 kilometer dulu ke masjid di desa sebelahnya," katanya.

Apalagi, kata Hamzah, di Pulau Lembata di Nusa Tenggara Timur pun, kata dia, Masjid Nusantara mendirikan masjid hanya dalam waktu tiga bulan. Padahal, biasanya sebuah masjid di kawasan timur Indonesia, didirikan dalam waktu belasan tahun, biasanya akibat kekurangan dana dan material bangunan. Karena, bahan bangunan biasanya didatangkan dari Makassar, Kupang, atau Surabaya.

Setiap masjid yang didirikan oleh Masjid Nusantara, kata dia, dibangun dengan anggaran Rp 300 juta. Dengan dana tersebut,  pihaknyq bisa membangun masjid seluas 12x12 meter dan dapat menampung sampai 150 orang. Walaupun dengan dana minim, tapi masjid yang didirikan bisa kokoh berbahan batu dan semen, sangat representatif untuk kegiatan masyarakat.

"Kami pun kemudian melakukan pelatihan dai di masjid baru itu supaya bisa menjalankan dakwahnya. Ke depannya, mungkin bisa untuk pemberdayaan ekonomi melalui masjid ini," katanya.

Sampai saat ini, Masjid Nusantara telah merenovasi 321 masjid, menyalurkan 610 sound system, 4.800 mukena, 4.460 gulung karpet, membangun 124 toilet, pelayanan Mobile Masjid, dan training manajemen masjid untuk ratusan pengurus masjid.

Untuk diketahui, Yayasan Masjid Nusantara (YMN) adalah institusi pembangun dan masjid profesional. YMN mengajak masyarakat untuk mendirikan masjid dengan tujuan menghadirkan tempat ibadah yang bersih dan nyaman di atas tanah wakaf.

Lembaga ini mempunyai visi untuk pembangun dan pengembang masjid terkemuka di Indonesia, serta menginisiasi hadirnya peradaban Islam melalui masjid.

Adapun, informasi lebih lanjut tentang program dan update lain dari YMN bisa diakses di alamat Jalan A.H. Nasution no 131 Bandung, Telp/sms : 0851 0766 6665, Pin BB : 589BB214, email: welcome@masjidnusantara.org, dan website: www.masjidnusantara.org. (fau/ymn/dbs)

 

Komentar

  • Irfan Polutu

    17 April 2018

    polutuirfan0506@gmail.com

    Kami Pengurus Masjid Darussalam Sayo Kab. Poso Prov. Sulteng bermaksud mengajukan permohonan proposal pembangunan/rehabilitasi masjid, mohon info bagaimana prosedurnya dan apa persyaratannya


    Reply






















Tulis Komentar

Kode Acak

*Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top