Hijaber Ini Jadi Inspirasi di Balik Produk 'Nike Pro Hijab'

gomuslim.co.id- Awal 2017 silam brand olahrga Nike menjadi sorotan karena mengeluarkan koleksi hijab yang dapat memudahkan wanita Muslim berolahraga. Koleksi untuk para hijaber ini dikenal dengan nama 'Nike Pro Hijab'.

Label sportwear asal Amerika Serikat ini merilis hijab berbahan polyester yang ringan serta breathable agar membuat wanita Muslim merasa nyaman saat latihan fisik.

Tak banyak yang tahu, di balik pembuatan koleksi tersebut ada seorang hijaber yang menginspirasi Nike untuk terjun ke pasar hijab. Dia adalah pioneer atlet angkat besi asal Dubai, Amna Alhaddad. 

Bermula dari dua tahun lalu ketika Amna berlatih untuk mengikuti Olimpiade. Wanita 27 tahun ini mendapat panggilan dari Nike yang ingin mensponsori dirinya dan menjadikan model untuk cerita altet inspiratif.

Amna yang juga seorang mantan jurnalis, kini beralih profesi menjadi atlet angkat besi. Walau lingkungan tempat tinggalnya cukup konservatif, namun ia harus berjuang dalam mengejar passion-nya itu yang kemudian bekerjasama dengan Nike.

Amna yang tampak percaya diri dengan penggunaan hijabnya sampai bisa berkompetisi di ajang olahraga bergengsi dunia menginspirasi Nike untuk mengubah penampilan Amna.

Tim peneliti dari Nike pun melakukan riset. Para ahli dari laboratorium olahraga mencoba menganalisis setiap inci tubuhnya. Dalam proses teknologi ini, Amna mengatakan kalau sebenarnya ada satu kebutuhan krusial yang dibutuhkan seorang atlet berhijab yakni hijab yang nyaman dan tak cepat membuatnya berkeringat.

"Mereka mempelajariku dari leher ke bawah bukan ke atas. Tapi ketika kami duduk untuk membicarakan tantangan berolahraga, aku memberitahu mereka tentang hijab olahraga dan bagaimana hal itu bisa membantu atlet Muslim di seluruh dunia," ujar Amna seperti dilansir dari publikasi Fast Company. 

Kemudian tim Nike pun berpikir ulang mengenai hijab seperti yang diutarakan oleh Amna. Mereka lalu setuju dengan pemikiran Amna.

Direktur Senior Komunikasi dari Nike Megan Saalfeld tak menyangka mendapatkan ide dalam memecahkan permasalahan tersebut. "Kita mulai berpikir bagaimana menciptakan hijab yang baik untuk atlet Muslim. Kita sudah memiliki jaringan inovasi yang kuat dan banyak alat yang kami miliki. Kita juga memiliki bahan yang ringan dan breathable dan tidak membuat kulit iritasi," papar Saalfeld.

Kemudian setelah melakukan diskusi, akhirnya Nike mengeluarkan ‘Nike Pro Hijab’ yang baru akan rilis pada musim panas 2018. Ada tiga warna yang disiapkan seperti hitam, abu-abu, dan biru tua. Hijab rencananya akan dijual dengan harga USD 35 atau sekitar Rp 470 ribu.

Amna berpendapat koleksi hijab ini akan membantu para Muslimah lain untuk berolahraga. Ia sedikit bercerita kalau ia sulit menemukan hijab yang cocok untuk latihan fisik. Ia hanya baru menemukan satu hijab yang nyaman dipakai untuk olahraga. 

Dia mengenang, dahulu setiap habis latihan ia selalu mencucinya di wastafel lalu menjemur hijab tersebut yang kemudian dipakai kembali keesokan harinya untuk latihan. Dengan adanya koleksi hijab olahraga dari Nike maka sangat membantunya untuk latihan fisik. (nat/fastcompany/dbs)

 


Back to Top