Sambut Ramadhan, Pemprov Sumbar Promosi Pariwisata dengan Kartu Pos Minang Halal

gomuslim.co.id- Salah satu bentuk promosi industri pariwisata halal, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mengajak masyarakat untuk ikut mempromosikan wisata di daerah itu dengan menyebarkan kartu pos Minang Halal yang sudah diluncurkan PT Pos Indonesia pada kerabat ata mitra bisnis.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan kartu pos Minang Halal ini bisa dikirimkan pada rekan dan sahabat di seluruh dunia untuk membantu mempromosikan wisata Sumbar.

Menurutnya, jelang Ramadhan dan Lebaran merupakan saat yang tepat untuk mengirimkan kartu pos, karena kebiasaan masyarakat menjelang hari suci umat islam itu memang menjalin silaturahim dan saling memaafkan.

Diakuinya saat ini media telekomuikasi berbasis teknologi terutama gawai sudah menjadi alat utama dalam menjalin silaturahim, menggantikan media konvensional seperti kartu pos.

Namun, ia meyakini media konvensional masih mendapatkan tempat di hati masyarakat, terutama dalam hal nostalgia.

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian berpendapat selain masyarakat umum, Aparatur Sipil Negara juga diajak untuk ramai-ramai mengirimkan kartu pos Minang Halal pada kerabat yang berada di luar Sumbar. "Mudah-mudahan kartu pos ini benar-benar akan memberikan dampak positif terhadap pariwisata Sumbar," ujarnya.

Pada edisi perdana, kartu pos Minang Halal tersebut menampilkan sejumlah potensi wisata Sumbar diantaranya Seni Silat, Masjid Raya Sumbar, Nagari Pariangan, Pacu Jawi, Danau Kembar, Harau, Jam Gadang, Janjang Koto Gadang, Ngarai Sianok, Pabrik Semen Padang, dan Sawahluto World Heritage. Diharapkan ke depan ada kemungkinan potensi wisata lain akan ikut dicetak pada kartu pos Minang Halal tersebut.

Sebelumya, Manager Filateli PT. Pos Indonesia, Tata Sukiarta di Padang mengatakan kartu pos dan prangko saat ini masih eksis dan bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan wisata daerah. Saat ini komunitas postcrossing mulai tersebar, tidak saja di Indonesia, tetapi juga di dunia sehingga kartu pos masih efektif untuk promosi wisata.

Sementara itu, kartu pos dan perangko Minang Halal sudah diluncurkan di Padang pada, Senin (24/04/2017) oleh PT Pos Indonesia disaksikan Gubernur Irwan Prayitno dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

"Kartu pos Minang Halal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PT Pos Indonesia untuk ikut peduli terhadap pengembangan wisata Indonesia," tukas Tata. (nat/dbs)

 


Back to Top