Komunitas Cinta Masjid Indonesia Resmi Dibentuk, Ini Sembilan Program Unggulannya

gomuslim.co.id- Sejumlah tokoh, artis, dan public figure umat Islam Indonesia mendeklarasikan berdirinya Komunitas Cinta Masjid Indonesia (KCMI) di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (29/04/2017). Pembacaan deklarasi KMCI ini dipimpin langsung oleh aktris sekaligus ustadzah muda, Oki Setiana Dewi.

Dalam sambutannya, Oki mengatakan dengan deklarasi ini, seluruh remaja muslim di Indonesia dapat mengikuti KCMI. Selain itu, komunitas ini bertujuan menghidupkan kembali gairah kegiatan bermanfaat di dalam masjid.

Terdapat sembilan program unggulan yang digagas KCMI yaitu gerakan shalat berjamaah ke Masjid, gerakan bersih-bersih masjid atau gotong royong, gerakan keamanan, ketertiban dan keindahan Masjid.

“Lalu, gerakan majelis ilmu sebagai laboratorium SDM dan peradaban, gerakan pengembangan ekonomi berbasis masjid, gerakan pengembangan IT berbasis Masjid, gerakan Masjid sebagai Solusi permasalahan umat, gerakan Masjid sebagai pusat dakwah dan informasi, dan terakhir gerakan Masjid sebagai objek wisata religi,” kata Oki saat memimpin deklarasi.

Pada kesempatan yang sama, deklarator KMCI lainnya, Yenny Wahid mengatakan merawat masjid jangan hanya teori. “Jadi bukan hanya teori saja, tetapi juga harus langsung berada dalam aksi. Misalnya, memelihara kebersihan masjid, jadi nggak sebatas teori," tutur Yenny dalam sambutannya.

Masjid, kata dia, menjadi tempat mengumandangkan semua hal yang baik. Merangkul bukan memukul, mengajak bukan mengejek. “Tidak ada lagi saling mengkafirkan dan memunafikkan," kata Yenny.

Dia juga mengatakan masjid menjadi salah satu pusat untuk menebarkan kebaikan. Baik yang bertujuan bagi hajat hidup orang banyak, hingga untuk ibadah sosial. Yenny menyebut masjid harus membuat kenyamanan bagi masyarakat dan semua orang. "Di sini bukan cuma kaum muslim yang bisa datang, tapi banyak kaum non muslim yang datang," tutup dia.

‪Setelah deklarasi, Oki juga bercerita tentang muslim Spanyol yang kini sedang memperjuangkan berdirinya Masjid di Sevila. Ia memaparkan tentang kondisi umat muslim di sana yang sangat membutuhkan bantuan dari sesama muslim di seluruh dunia, khususnya Indonesia.

Oki pun mengajak umat muslim dunia untuk bisa mendukung terwujudnya pembangunan masjid di negeri Matador tersebut. "Muslim di Sevilla menginginkan ada masjid karena mereka hanya ada musola. Itu pun sangat kecil di sebuah apartemen lantai dasar. Hanya bisa buat solat tidak bisa untuk sharing pikiran. Mereka kesulitan. Mereka memerlukan masjid," papar Oki.

Selain Oki dan Yenny Wahid, beberapa deklarator lain pun hadir pada kesempatan ini. Mereka diantaranya KH. Rusli Effendi, Said Ali Al Idrus, Abdul Rosyid Teguhdin, Abu Hurairah Abdussalam, Akbar Zainuddin, Budi Firmansyah, Dude Herlino, Muhammad Reza, Bagus Herdian, Surya Dharma, Anang Trianto, dan Irsya Cendikia.

Sekadar informasi, deklarasi ini berbarengan dengan pembukaan acara Youth Islamic Festival (Yifest) yang digagas oleh Youth Islamic Study Club (YISC) Al Azhar dan Asosiasi Remaja Masjid Istiqlal (ARMI). (njs)


Back to Top