Youth Islamic Festival 2017 Jadi Wadah Kreativitas Pemuda Muslim Indonesia

gomuslim.co.id- Youth Islamic Study Club (YISC) Al Azhar bekerjasama dengan Asosiasi Remaja Masjid Istiqlal (ARMI) menggelar acara Youth Islamic Festival (YIFEST). Kegiatan yang mengusung tema Inspiring Young Muslim in Action ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 29 sampai dengan 30 April 2017 di Masjid Istiqlal, Komplek Taman Wijaya Kusuma, Jakarta.

Ketua Pelaksana YIFEST, Lucky mengatakan acara ini menjadi wadah untuk mempersatukan pemuda dan remaja Islam dalam mengadakan kebaikan yang mengaplikasikan ajaran Rasulullah SAW. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin komunikasi dari berbagai komunitas muslim yang ada di Indonesia agar tahu melangkah untuk hijrah yang lebih baik," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berharap kegiatan YIFEST 2017 ini dapat menjadi tempat persemaian ide dan solusi bagi anak muda untuk mencari jalan keluar bagi masalah yang ada di Indonesia.

Anies juga berpesan kepada anak muda agar tidak hanya memikirkan masalah di internal umat, tetapi bagaimana menyebarkan manfaat. “Sudah saatnya umat Islam memikirkan dan berkontribusi kepada masalah kemanusiaan untuk seluruh dunia. Apa karya Anda untuk dunia? Apa karya Anda untuk indonesia?," kata Anies saat membuka acara ini.

Menurutnya, ada banyak potensi yang dimiliki anak muda khususnya tentang pandangan baru terhadap setiap masalah. Pandangan ini akan berbeda dengan orang tua yang sudah makan asam garam kehidupan. Ia mencontohkan maraknya pemanfaatan teknologi terhadap penyelesaian masalah sosial di Jakarta.

“Ide itu ditelurkan oleh anak-anak muda. Saya harap ide kreatif anak-anak muda dapat selesaikan masalah bangsa Indonesia saat ini. Berdasarkan kepada nilai-nilai keagamaan yang fundamental. Insya Allah kreativitas dengan nilai yang baik dan benar akan hasilkan solusi," ujar Anies.

Selain itu, Anies mengatakan perbedaan antara pemuda dan orang tua bukan terletak pada masalah umur, tetapi tentang pola pikir. "Jika yang dia bicarakan adalah masa depan, maka dia pemuda. Tapi jika yang dibicarakan adalah masa lalu, dia orang tua, sekalipun umurnya masih muda," ucapnya

Tidak hanya itu, acara ini juga diisi dengan Deklarasi Komunitas Cinta Masjid Indonesia (KCMI) oleh Pihak Masjid Istiqlal. Komunitas ini bertujuan menghidupkan kembali gairah kegiatan bermanfaat di dalam masjid.

Turut hadir sejumlah Deklarator KCMI seperti Yenny Wahid, Dude Herlino, Oki Setiana Dewi, Sekretaris BP Masjid Istiqlal KH Rusli Zainal, dan tokoh muslim lainnya yang berasal dari berbagai negara.

Selama dua hari, kegiatan yang dilakukan oleh 48 komunitas muslim di Jakarta ini akan dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian acara. Beberapa diantaranya seperti Tabligh Akbar, Sharing Session, Talk Show, Community Booth, Festival Halal Food and Bazaar, Nasyid, Lomba Islamic Stand Up Comedy dan Marawis, Trial Archery dan ASBD, Donor Darah, dan Sharing Happiness. (njs)

 


Back to Top