Dompet Dhuafa Gelar Aksi Gerakan Senyum Nasional di Solo dan Yogyakarta

gomuslim.co.id- Yogyakarta dan Solo merupakan kota yng kental dengan sebuah budaya luhur yang masih terjaga. Kota Pelajar merupakan istilah dari Yogyakarta karena beberapa institut hingga perguruan tinggi bermunculan di Yogyakarta, banyak masyarakat dari penjuru Indonesia tumpah ruah di kota tersebut untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi.

Dompet Dhuafa hadir di tengah-tengah masyarakat Yogyakarta dan Solo untuk membawa pesan "SEHAT MILIK SEMUA" dengan aksi Gerakan Senyum Nasional (GENYUMNAS),  sehat adalah sehat fisik, sehat kantong, sehat pikiran, sehat perasaan dan sehat rohani. Untuk mewujudkan sekaligus menghindari penyebab utama lingkaran setan kemiskinan adalah dengan memberikan layanan kesehatan holistik.

Layanan ini adalah perpaduan metode pengobatan barat dan metode terapi timur komplementer. Genyumnas memiliki tujuan membuat masyarakat bisa tersenyum dan tertawa karena sehat di lima bidang kehidupan, terutama untuk dhuafa. Terseyum adalah tanda kepuasan dan kebahagiaan.

Yogyakarta dan Solo menjadi dua Provinsi dan dua  Kota pertama diselenggarakan rangkaian event Gerakan Senyum Nasional dengan merangkul seluruh elemen masyarakat di dua kota tersebut. Selain elemen masyarakat ada elemen dari komunitas bikers yang datang dari wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, hal ini untuk menjalin silahturahmi diantara kalangan komunitas bikers maupun komunitas yang hadir di saat ini.

Menurut drg. Imam Rulyawan, sebagai Direktur Utama Dompet Dhuafa mengatakan tujuan diadakan event ini adalah membuat rakyat kecil bisa tersenyum dan tertawa karena sehat di lima bidang kehidupan, yakni: ekonomi, kesehatan, pendidikan, budaya & nilai, serta iman dan takwa.

"Kelima faktor tersebut saling terkait, program pemberdayaan dalam upaya pengentasan kemiskinan bisa melalui salah satu faktor dari lima bidang ersebut sebagai pintu masuk atau wadahnya, " katanya pada Minggu, (30/04/2017)

Selain itu, pada event Gerakan Senyum Nasional (Genyumnas) melibatkan ratusan abdi dalem untuk mendapatkan pengobatan gratis, puluhan bakul jamu, produk pemberdayaan susu Dompet Dhuafa serta puluhan hingga ratusan tim relawan medis yang siap melayani masyarakat dengan senyuman. 

Sementara di kota Solo akan bertempat di Solo Zoo dengan kerjasama pihak kebun binatang Solo, Dompet Dhuafa menggalakan kesehatan serta memperkenalkan produk-produk pemberdayaan ekonomi seperti payung lukis, pemeriksaan kesehatan mata gratis serta lomba lukis dengan media payung yang diikuti oleh ratusan anak-anak.

Untuk diketahui, Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan atau lembaga). Selama 23 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (fau/dd)

 

 

 

Back to Top