Qari Internasional Asal Indonesia Kembali Terima Undangan Pemerintah Turki

gomuslim.co.id- Qari Internasional asal Aceh, Ustadz Taqdir Feriza Hasan akan kembali memenuhi panggilan Pemerintah Turki dalam rangka haflah Alquran. Rencananya, haflah tersebut akan dilaksanakan usai penyelenggaraan MTQ Internasional di Turki pada 18 sampai 28 Mei 2017 mendatang.

Selama sebulan penuh, mulai 22 Mei hingga 23 Juni 2017, Ustadz Taqdir Feriza Hasan akan berada di seluruh kota di Turki sebagai tamu istimewa untuk membaca Alquran. “Alhamdulillah, ini adalah undangan kedua bagi saya. Sementara undangan pertamanya pada Ramadhan 2016 selama 12 hari, setelah pada 2015 menjuarai MTQ di Turki," katanya, Senin (01/05/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa apa yang diperolehnya sekarang merupakan berkah dari Alquran. Pada 2014 misalnya, Ustadz Taqdir mendapatkan umrah gratis bersama keluarga, kemudian kesempatan untuk menunaikan haji secara gratis pada 2016.

"Untuk menjadi  seorang qari membutuhkan perjuangan serta kemauan yang tinggi. Harapan saya kepada generasi Aceh belajarlah Alquran dengan rajin, karena makin sering diasah maka akan makin matang, Alquran pulalah yang akan menolong kita di hari akhirat, Allah akan meninggikan derajat para ahli Quran di dunia dan akhirat," pesannya.

Sebelumnya, Ustadz Taqdir pernah mengharumkan nama Aceh pada MTQ Internasional di Malaysia. Ia juga pernah melantunkan ayat suci Alquran di depan Presiden Recep Tayyip Erdogan dan di depan para wali kota di 12 kota pada tahun lalu. Kedua belas kota di Turki dimulai dari kota Yalova, Bursa, Balikesir, Manisa, Izmir, Denizili, Burdur, Konya, Kutahya, Eskisehir, Bilecik, dan Sakarya.

Di Turki, Taqdir yang tak lain adalah juara MTQ internasional di Turki tahun 2015 itu ditemani empat temannya dalam safari haflah tersebut. Dia bersama Muhammad Nadhir asal Filpina (juara II tahun 2015), dan tiga para juara tahun ini. Satu di antaranya Zaenal Abidin asal Ciamis, Jawa barat (juara I tahun 2016).

Menurut Taqdir, masyarakat Turki sangat ramah dan tidak asing dengan Aceh. Hal tersebut membuatnya merasa haru sekaligus bangga. “Apabila saya mengatakan dari Aceh mereka langsung mengatakan masya Allah Aceh Sumatra. Setiap memulai membaca Alquran MC selalu menyampaikan bahwa saya berasal dari Aceh Indonesia,” paparnya.

Sekadar informasi, Taqdir Feriza adalah putra kelahiran Gampong Lampuuk, Kecamatan Darussalam, 20 Juli 1986. Suami dari Fajrina Rahmi itu kini dikarunai seorang putra bernama Faiza Akifa Taqdir.

Ia juga merupakan alumni IAIN Ar-Raniry yang sekarang sudah berubah menjadi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Sederet prestasi telah diukir oleh Takdir Feriza sebelum tampil diajang internasional.

Beberapa diantaranya adalah Juara I MTQ Tingkat Remaja Provinsi Aceh Tahun 2007 di Bireuen, Juara III MTQN Mahasiswa di Pontianak (2008), Juara III PTQ RRI Nasional di Jakarta (2009), Juara III PTQ RRI Nasional di Bandung (2010), dan Juara MTQ Antarbank se-Indonesia di Palembang (2013), juara pertama Cabang Tilawatil Qur’an Dewasa Putra pada MTQ Provinsi Aceh ke-31 di Kota Subulussalam, 23-30 Juni 2013,  juara pertama MTQ Internasional Antarbangsa Dunia Melayu Dunia Islam di Malaka, Malaysia, 26-28 Juli 2013 dan Juara III pada PTQ RRI Tingkat Nasional di Banda Aceh 14-18 Juli 2014. (njs/dbs)


Back to Top