Kemenag Siap Tingkatkan Kerjasama Bidang Pendidikan dengan Arab Saudi

gomuslim.co.id- Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di dalam negeri. Terbaru, Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan Kerajaan Saudi Arabia untuk pengembangan keilmuan keislaman di Indonesia.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin dalam kunjungannya ke Riyadh, Saudi Arabia. "Selama ini kerjasama dengan pihak Saudi banyak terfokus pada masalah haji dan umrah. Padahal banyak kerjasama lain yang dapat dikongkritkan, antara lain dengan Kementerian Pendidikan Saudi Arabia dan perguruan tinggi di Saudi,” ujarnya di Riyadh, Minggu (30/04/2017).

Kamaruddin menjelaskan bahwa pengembangan kerjasama di bidang pendidikan dengan perguruan tinggi di wilayah Timur Tengah, tidak hanya dalam bidang studi keislaman. Lebih jauh, Kemenag akan menjajaki kerjasama di bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Banyak peluang untuk kerjasama, antara lain bidang sains dan teknologi, ekonomi, politik dan budaya. Karena banyak minyak dan gas, maka studi tentang perminyakan pasti maju dan berkembang di perguruan tinggi di Timur Tengah, termasuk di Saudi," paparnya.

Selama di Saudi, Doktor lulusan Jerman ini akan mengunjungi sejumlah universitas ternama guna peningkatan kerjasama. Perguruan tinggi tersebut antara lain: Universitas Imam Muhammad Ibnu Saud di Riyadh, Universitas King Saud Riyadh, Universitas Islam Madinah, Universitas King Abdul Aziz Jeddah, dan Universitas Ummul Qura di Makkah.

"Kami akan bicara tentang peningkatan kerjasama, antara lain melalui pertukaran dosen, mahasiswa dan penelitian bersama dalam persoalan-persoalan strategis. Kami berharap tahun ini atau tahun depan dapat mengirim 15 sampai 20 dosen PTKIN untuk menempuh program doktoral (Ph.D student) ke sejumlah kampus di Saudi Arabia," ungkapnya.

Menurut Kamaruddin, rencana ini merupakan bagian dari program 5000 doktor yang telah dirilis pada Desember 2014 lalu oleh Presiden Joko Widodo. Program ini juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan Raja Salman ke Indonesia beberapa waktu lalu untuk meningkatkan kerjasama antara Indoensia dengan Saudi Arabia.

Dukungan KBRI

Sementara itu, Duta Besar RI di Riyadh Agoes Maftuh Abegebriel menegaskan dukungannya atas upaya Kementerian Agama untuk meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak di Saudi. Dirinya juga berharap kerjasama ini dapat membangun citra positif dan reputasi Indonesia di mata internasional, terutama di Saudi.

"Kami berharap adanya peningkatkan kerjasama ini dapat memperlihatkan kepada masyarakat di sini bahwa mutu pendidikan di Indonesia juga berkembang dan maju," ujarnya.

"Saya berharap banyak dosen dari Timur Tengah yang mau mengajar di perguruan tinggi Islam kita Indonesia. Selain mengajar, mereka juga akan belajar bagaimana perkembangan dan mutu pendidikan Indonesia," tambahnya.

Dalam kunjungan ke Saudi ini, Dirjen Pendidikan Islam didampingi Kepala Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat PTKI Agus Sholeh, dan Kasi Kelembagaan PTKIS Rudi Nuruddin Ambary.  (njs/kemenag/dbs)


Back to Top