Ragam Pilihan Buku Islam Hingga Pojok Literasi Anak Siap Ramaikan Gelaran Islamic Book Fair 2017

gomuslim.co.id- Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) kembali menggelar Islamic Book Fair (IBF) pada tanggal 3 sampai 7 Mei 2017 mendatang. Rencananya, ajang pameran buku islami ke-16 itu akan dibuka langsung oleh Ketua MUI KH Ma’ruf Amin, Rabu (03/05/2017) besok pagi, pukul 10.00 WIB.

Sejumlah penerbit pun sudah menyiapkan ribuan buku baru maupun lama guna menyambut dan memeriahkan IBF 2017 ini. Salah satunya adalah Penerbit Al-Mawardi Prima. Menurut Direktur Utamanya, Afrizal Sinaro, ratusan judul buku sudah disiapkan untuk memanjakan pengunjung IBF tahun ini.

“Al-Mawardi akan meluncurkan buku terbaru, yakni Never Ending Hijrah karya Tatty Elmir, Pendidikan Islam Bernuansa Seni Musik karya Dr Hasan Basri Tanjung, dan Kurikulum Untuk Kehidupan: Menuju Revolusi Pendidikan karya Zulfikri Anas,” ujarnya.

General Manager Republika Penerbit, Awod Said menjelaskan pihaknya akan menyiapkan sekitar ratusan judul buku di pameran buku-buku Islam tersebut. Mulai dari buku-buku bertema agama, novel, buku umum, juga buku-buku anak. “Kita akan menyiapkan sekitar 330 judul buku, dan 30 judul di antaranya adalah buku baru,” kata Awod.

Sementara itu, Kepala redaksi Republika Penerbit, Syahruddin El-Fikri menambahkan buku-buku baru yang akan turut memeriahkan perhelatan IBF 2017 antara lain, serial Wanita Mulia di Sisi Rasulullah (3 seri, yakni ‘Khadijah, Aminah, dan Aisyah’), novel terbaru Habiburrahman El-Shirazy berjudul ‘Bidadari Bermata Bening’ serta recover buku Cinta Suci Zahrana.

Kemudian ada novel Pipiet Senja yang berjudul ‘Jalan Panjang Menuju Pulang’, ‘Cara Berpikir Suprarasional’ dan ‘Metode Kotak-Kotak’ karya Raden Ridwan Hasan Saputra, ‘Tentang Kamu’ karya Tere Liye, ‘Al-Umm Jilid 2’ karya Imam Syafi’i, ‘Fiqih Sunnah’ karya Sayyid Sabiq, ‘Lepas dari Lapas Hidup’ karya KH Adrian Mafatihallah Kariem, buku anak seperti ‘Aku Sayang Allah’, ‘Super Diary 2’, dan lainnya.

“Saksikan juga bedah buku karya Kang Abik, Tere Liye, KH Adrian, dan Raden Ridwan Hasan Saputra di panggung utama IBF,” ujar Syahruddin.

Penerbit lainnya, Agro Media juga akan menyiapkan ratusan hingga ribuan judul buku di IBF 2017. “Setiap bulannya kami menerbitkan sedikitnya 80 sampai 120 judul baru. Tentu akan kami bawa semuanya ke acara IBF untuk dikenalkan ke publik,” ujar CEO Agro Media Hikmat Kurnia.

Tak kalah dengan penerbit lainnya, penerbit buku-buku turats (khazanah klasik ulama), juga menyiapkan buku baru atau kemasan baru karya-karya ulama Islam. Pustaka Imam Syafii siap hadir di panggung IBF dengan berbagai judul buku agama yang selama ini sudah sangat familiar dalam benak umat Islam. Begitu pula dengan penerbit Akbar Media juga akan merilis buku Riyadhus Shalihin, Khazanah Sahabat dan Khulafaur Rasyidin, serta beragam buku lainnya.

Penerbit Sygma Bandung juga akan merilis kemasan Alquran terbaru. “Kami akan menyiapkan Alquran dengan kemasan yang cantik dan menarik,” ujar Yunianti Ihsan, salah seorang pengelola PT Sygma Examedia Arkanleema.

Di samping itu, pameran buku Islam terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara, panitia juga menyediakan Pojok Literasi Anak di panggung Kidszone. Ketua Bidang Pengembangan Buku Anak Ikapi DKI, Ummu Masmuah mengatakan program Pojok Literasi Anak ini dimaksudkan untuk mengenalkan dunia penerbitan kepada anak.

Selain itu, kata Ummu, program ini diharapkan dapat memacu semangat setiap individu untuk menghargai karya literasi, serta memiliki kecintaan terhadap dunia literasi (membaca dan menulis). “Istilahnya ini bagian dari regenerasi tentang dunia penerbitan,” ujarnya.

Ummu menambahkan program Pojok Literasi Anak ini memiliki sejumlah acara yang menarik. Di antaranya ada workshop tentang kreativitas dan workshop literasi yang mencakup penulisan buku, pembuatan ilustrasi (gambar), fotografi,  penjualan buku murah dengan diskon hingga 70 persen, perpustakaan, permainan edukasi, dan lain sebagainya. (njs/ibf/dbs)

 


Back to Top