Gandeng Komunitas My Halal Kitchen, LPPOM MUI DKI Gelar Pelatihan Masak Bakso Halal

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang makanan halal, LPPOM MUI bekerjsa sama dengan My Halal Kitchen menggelar acara pelatihan. Kegiatan ini adalah Kelas Usaha Bakso Halal-Ekonomis yang berlangsung pada pertengahan April 2017 lalu.

Kelas pelatihan memasak bakso halal ini berkaitan dengan kekhawatiran banyak pihak soal kehalalan bakso yang dijual di pinggir jalan. Meski menjadi favorit, kulinert tersebut tak jarang menggunakkan bahan-bahan non halal untuk produksinya,.

Publikasi HalalMUI menyebutkan harga daging sapi yang tinggi di Indonesia, telah mendorong para pedagang nakal untuk melakukan pengoplosan, walau tentu tak semua pedagang melakukan itu. Tapi berita kasus-kasus pengoplosan daging sapi dengann daging celeng ataupun daging haram lainnya seperti tikus, kerap terdengar diberitakan. Berton-ton daging celeng ilegal kerap terdengar tertangkap petugas.

Kondisi ini telah sangat menkhawatirkan bagi konsumen muslim yang sudah “cerdas halal”. Akhirnnya mereka memilih untuk stop jajan bakso sembarangan. Dampaknya, pengusaha bakso sendiri yang akan dirugikan dengan kejadian ini.

Kondisi ini sudah lama menjadi sorotan Komunitas edukasi halal Myhalalkitchen dan Direktur LPPOM MUI DKI,  Ir. Hj. Osmena Gunawan. Serangkaian diskusi mencari upaya pembenahan kondisi ini akhirnya berbuah kolaborasi. Walau belum dalam skala besar, alhamdulillah pada Minggu, (16/04/ 2017).

 LPPOM MUI DKI dan Komunitas Myhalalkitchen menggelar Kelas Usaha Bakso Halal - Ekonomis. Bertempat di Gedung Pusat Dakwah Aisyiah, Tebet Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk menginspirasi para mahasiswa yang tergabung dalam  Ikatan Masiswa Peduli Halal (IMAPELA) dan jaringan pengurus dan jama’ah Aisiyah untuk menjadi entepreneur muslim yang peduli halal, utamanya Bakso Halal.

Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan pakar Usaha Pangan Yuyun Anwar, untuk mengajarkan cara pengolahan bakso ekonomis dengan menggunakan daging kerbau beku asal India yang didukung oleh perusahan daging Allana. Lengkap dengan berbagai tips dan triksnya yang sangat bermanfaat dalam menjalankan usaha bakso halal ekonomis. Para peserta antusias mengikuti sambil praktek latihan membulatkan bakso. Acara dilanjutkan dengan sesi sharing bisnis dari salah outlet Bakso Boedjangan cabang Tebet. (fau/halalmui/dbs)

 

 


Back to Top