Tujuh Pejabat Eselon Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Resmi Dilantik Sekjen Kemenag

gomuslim.co.id- Sebanyak tujuh pejabat eselon III dan IV Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (JPH) resmi dilantik oleh Sekjen Kemenag Nur Syam. Seremonial pelantikan digelar di Kantor Kemenag Jakarta dan disaksikan oleh Kepala Biro Kepegawaian, Ahmadi.
 
Dalam kesempatan itu, Nur Syam memberikan pesan khusus kepada tim auditor produk halal. Menurutnya, tim auditor akan menjadi penyangga keberhasilan program pengembangan Jaminan Produk Halal.
 
"Pejabat yang menangani pengawasan auditor, harus memiliki kepekaan yang sangat khusus. Sebab kita akan sangat tergantung pada tim auditor dalam penyelenggaraan JPH," pungkas Nur Syam, Selasa (02/05/2017).
 
Dia menilai auditor adalah inti penyelenggaraan JPH. Untuk itu, auditor JPH harus memiliki integritas dan profesionalitas. Dengan begitu, JPH akan menjadi salah satu ikon Indonesia di internasional terkait halal food.
 
"Di depan terbentang tanggung jawab dan kewajiban untuk membawa jaminan produk halal ini ke kancah internasional. Karenanya, pejabat yang membidangi pengembangan kerjasama jaminan produk halal harus dapat membangun jejaring ke depan," harapnya.
 
Pihaknya melihat ada prospek baru yang terbentang luas di tengah kita. Salah satunya adalah sesuatu yang halalan thayyiban, tidak hanya dari sisi halalnya saja tetapi juga dari sisi kemanfaatan dan kegunaannya.
 
Nur Syam juga mengajak para pejabat yang baru dilantik unuk segera melakukan akselerasi perubahan, dalam rangka mengangkat citra JPH agar bisa menjadi arus utama dalam kehidupan masyarakat Islam di Indonesia.
 
Berikut ini tujuh pejabat yang dilantik:
 
1. Siti Aminah sebagai Kepala Bidang Pengawasan Jaminan Produk Halal pada Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal
2. Puji Kusbandari sebagai Kepala Bagian Keuangan dan Umum pada Sekretariat Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal
3. Khotibul Umam sebagai Kepala Bidang Bina Auditor Halal dan Pelaku Usaha pada Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal
4. Giri Cahyono sebagai Kasubbag Pengelolaan Data Produk Halal pada Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi Sekretariat BPJPH
5. Ngatmanto sebagai Kepala Subbagian Hukum pada Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum Sekretariat BPJPH
6. Ali Fauzan sebagai Kepala Subbidang Kerjasama MUI dan Kementerian/Lembaga pada Bidang Kerjasama JPH Pusat Kerjasama dan Standardisasi Halal BPJPH
7. Mohammad Zein sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Pusat Kerja Sama dan Standardisasi Halala BPJPH.
 
Adapun skema manajemen Jaminan Produk Halal (JPH) yang diperlukan, yaitu dimulai dari penyusunan, penetapan standar produk halal, pengujian produk halal berdasarkan standar yang berlaku, serifikasi halal (untuk memberikan pemastian konsumen), akreditasi lembaga pemeriksaan produk halal, dan sertifikasi auditor halal.
 
Sedangkan, fungsi BPJPH dalam menjaminkan produk halal, seperti dalam penyusunan kebijakan teknis, rencana, dan program di bidang penyelenggara JPH, sarana pendukung pengujian, dan riset produk halal. (nat/dbs)
 
 

Back to Top