Pendiri Indonesia Hijab Fest: Industri Hijab Tanah Air Punya Potensi Mendunia

gomuslim.co.id- Industri hijab Tanah Air semakin berkembang dan potensial. Hadirnya berbagai desainer pendatang baru membuat industri ini kian berinovasi dan kreatif dalam menciptakan mode fesyen hijab wanita.

Tak hanya mengedepankan tren fashionable, permintaan hijab syar’i juga meramaikan industri hijab tanah air. Potensi inilah yang tentu tak bisa diabaikan. Bahkan pemerintah pun mencanangkan Indonesia menuju pusat hijab dunia 2020.

Guna mewujudkannya, Indonesia perlu membuat perhelatan besar mengenai khasanah desain hijab Indonesia itu sendiri. Pendiri Indonesia HijabFest, Sheena Krisnawati mengatakan jika dibandingkan oleh negara lain, Indonesia jauh lebih kreatif lebih beragam dunia mode hijabnya dengan negara-negara tetangga.

“Tapi kita minim event internasional, seperti Malaysia saja, mereka sudah memiliki event internasional yang bisa menggaet desainer muslim dunia termasuk Indonesia,” ujar, Sheena dalam Indonesia HijabFest 2017 X Wardah, di Jakarta, Selasa (02/05/2017).

Karena itu, perlu ada pihak-pihak yang terkait untuk membantu. Serta, harus ada kerja sama yang kuat dengan negara lain.

Event festival fashion itu kan ajang B to B (business to business) ya, jadi sepatutnya memang menjalin hubungan yang kuat dengan buyer-buyer terutama yang dari luar negeri. Yang kedua, tentu dari pemerintah sendiri harus punya komitmen untuk mendukung industri ini,” pungkasnya.

Mengenai kendala, menurut wanita yang telah mengadakan event hijab yang berbasis di Bandung sejak 2012 ini para hijabpreneur masih kendala dengan modal.

Hijabpreneur yang mau mengikuti event besar apa lagi skala internasional itu masih terkendala dengan modal. Entah memang belum cukup modal atau pun mereka masih takut untuk mass production dengan menyesuaikan 4 musim dunia, padahal semua dicoba saja, potensi mereka menurut saya sangat bagus di industri hijab,” papar Sheena.

Indonesia HijabFest (IHF) merupakan ajang pamerah hijab, bazar, talkshow dan sharring session yang setiap tahunnya rutin dilakukan di berbagai wilayah daerah nusantara dengan menghadirkan berbagai desainer-desainer Indonesia.

Sementara itu, acara IHF untuk tahun 2017 akan digelar pada tanggal 4 sampai 7 Mei 2017 berlokasi di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung Jawa Barat. (nat/dbs/ihf)

 

 


Back to Top