Gandeng Baznas, BRI Syariah Gelar Santripreneur Budi Daya Puyuh di Sukabumi

gomuslim.co.id- Untuk merealisasikan pemberdayaan masyarakat, dengan menggandeng Baznas, BRI Syaroah menggelar pelatihan budidaya puyuh. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan santri di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Para santri tersebut nantinya diharapkan tidak hanya menguasai ilmu agama, melainkan kemampuan untuk berwirausaha di bidang peternakan puyuh.

 

Kegiatan pembekalan yang disebut Santripreneur dilakukan BRI Syariah dengan menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) digelar di Slamet Quail Farm (SQF) Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi Rabu (03/05/2017). Rencananya pelatihan tersebut berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 3 sampai 5 Mei 2017.

Secretary PT Bank BRI Syariah, Indriati Tri Handayani mengatakan kegiatan ini merupakan sinergi baik antara BRI Syariah dan Baznas dalam memberdayakan pondok pesantren di Indonesia. Dengan adanya program ini, lanjut Indriati, para santri mempunyai bekal hidup ketika terjun ke masyarakat. Santri yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari Pondok Pesantren Global Insan Mandiri (GIM) Al Amin Kecamatan Cicurug, Sukabumi sebanyak 20 orang.

"Selepas pelatihan, para santri tetap akan mendapatkan pendampingan dari Slamet Quail Farm selama tiga bulan. Targetnya para santri benar-benar menguasai budidaya burung puyuh," ujarnya.

Selain itu, menurut Corporate Communication Dept Head PT Bank BRI Syariah, Eko Prasetiyo Haryono, program santripreneur ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh BRI Syariah. Katanya, jika program ini berhasil, maka program santripreneur ini akan terus dikembangkan ke daerah lain.

Adapun, program santripreneur di Sukabumi difokuskan pada budidaya ternak burung puyuh. Sukabumi, kata Eko, memiliki potensi budidaya burung puyuh yang cukup besar dan permintaan puyuh secara nasional cukup besar.

Selain itu, cara beternak burung puyuh cukup mudah dan tidak memerlukan luasan lahan yang besar. "BRI Syariah juga akan menyiapkan sarana permodalan dalam pengembangan budidaya burung puyuh," pungkasnya. (fau/baznas/brisyariah/dbs)  


Back to Top