Bidik Pasar ASEAN, Perusahaan Logistik Asal Jepang Luncurkan Layanan Kirim Makanan Halal

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, perusahaan logistik asal Jepang, Nippon Express memasuki pasar Islam Asia yang sedang berkembang dengan menyediakan layanan logistik makanan halal untuk mengantisipasi permintaan yang lebih besar di Jepang dan tempat lain di Asia.

Perusahaan logistik tersebut telah mendapatkan sertifikasi halal untuk pusat distribusi di Tokyo dan Fukuoka. Saat ini mereka berencana untuk mengangkut makanan dan produk lainnya dengan cara yang sesuai dengan hukum syariah Islam.

Perusahaan juga berencana untuk menghubungkan layanan baru ke fasilitas bersertifikat halal saat ini di Malaysia dan bahkan lebih jauh lagi, seperti Thailand, Singapura, dan Indonesia. 

Publikasi HalalFocus menyebutkan Nippon Express mengharapkan peningkatan permintaan akan layanan halal dengan meningkatnya jumlah pengunjung Muslim ke Jepang dan popularitas makanan Jepang yang melonjak di bagian lain Asia dengan populasi Muslim yang signifikan.

Untuk diketahui, Nippon Express sendiri telah berdiri di Tokyo Jepang sejak tahun 1937. Perusahaan ini telah melayani servis logistik dan transportasi di seluruh Jepang. Nippon Express juga sudah memiliki jaringan global di tidak kurang dari 33 negara di seluruh dunia.

Sebelumnya, geliat pertumbuhan produk halal di Jepang negara memang sedang giat membangun infrastruktur untuk Olimpiade 2020. Kini Jepang mulai melihat wisatawan muslim yang hadir dalam rangka wisata dan olimpiade, sebagai sebuah peluang. Tidak hanya dalam pemenuhan produk makanan dan minuman, namun juga di sektor logistik dan transportasi.

Data terbaru dari Japan National Tourism Organisation menunjukkan bahwa pertumbuhan eksponensial dalam pengunjung dari banyak negara, dan negara muslim jadi salah satu mayoritasnya. Dalam sembilan bulan pertama tahun ini, ada 249.800 wisatawan dari Malaysia yang naik sekitar 33,4 persen dari tahun lalu. Sedangkan Indonesia tumbuh sekitar 27,7 persen menjadi 184.900 diperiode yang sama.

Selain itu, saat ini, ada sekitar 100.000 warga muslim yang tinggal di Jepang. Sementara jumlah pengunjung muslim diperkirakan akan mencapai satu juta pada saat Tokyo menjadi tuan rumah saat Olimpiade 2020 mendatang. (fau/halalfocus/dbs)

Baca juga:

Makin Serius Gaet Konsumen Muslim, Kini Jepang Bidik Industri Logistik Halal


Back to Top