Resmi Diluncurkan, Ini Keunggulan POEMS Saham Syariah

gomuslim.co.id- Ekonomi syariah di Indonesia mengalami pertumbuhan cukup besar selama beberapa tahun terakhir. Peluang ini dimanfaatkan oleh sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan guna menggaet pangsa pasar. Salah satunya yang dilakukan PT Phillip Sekuritas Indonesia (PSI). Baru-baru ini, PSI secara resmi meluncurkan online trading berbasis syariah bernama Phililip's On-line Electronic Mart System (POEMS) Syariah.

Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) menyatakan bahwa POEMS Syariah telah memenuhi prinsip syariah. Dalam sistem ini, tidak terdapat transaksi yang mengandung unsur riba serta transaksi yang mengandung Bai' al-ma'dum atau penjualan atas efek syariah yang belum dimiliki (short selling).

Menurut Direktur Phillip Sekuritas Indonesia, Thessalonica Winarto, POEMS Syariah memiliki tiga keunggulan. Pertama, nasabah dapat bertransaksi saham dan reksa dana syariah hanya dengan satu akun dalam satu platform.

Kedua, lanjut dia, nasabah dapat bertransaksi saham dan reksa dana syariah kapan saja dan dimana saja, karena POEMS Syariah dapat diakses melalui aplikasi dekstop ProTrader, POEMS Eeb, Android dan IOS, dengan kata kunci 'POEMS ID).

Ketiga, POEMS Syariah dilengkapi dengan fitus cerdas SmartPlan dan SmartSafe yang dapat memberikan pengalaman kemudahan berinvestasi bagi nasabah.

“Setelah dihadirkannya POEMS Syariah, kami optimistis untuk menargetkan 3 ribu nasabah online trading syariah dan peningkatan transaksi harian hingga 20 persen dari total transaksi harian yang sudah ada, sampai akhir tahun 2017,'' ucap Thessalonica, dalam peluncuran POEMS Syariah, di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (4/5/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan PSI sudah memiliki program pemasaran yang sudah tersusun hingga akhir tahun dengan menggandeng mitra Manajaer Investasi. Selain itu mereka juga bekerjasama dengan Dompet Dhuafa, dimana sebagian transaksi yang diperoleh melalui POEMS Syariah akan disalurkan untuk kegiatan sosial melalui Dompet Dhuafa.

Saat ini, di dalam POEMS Syariah sudah tersedian 11 Manajer Investasi dengan 19 produk reksa dana syariah pilihan, dan sudah bekerja sama dengan RDN Syariah.

Sementara itu, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Alpino Kianjaya berharap, produk POEMS Syariah dapat disambut baik oleh calon investor. Investor juga diharapkan lebih giat lagi berinvestasi khususnya melalui sistem syariah Phillip oleh konsumen di pasar modal. “Semoga semakin maju dan menemukan basis investor di pasar modal Indoensia,” harapnya.

Sekadar informasi, PT. Phillip Securities Indonesia adalah perusahaan jasa keuangan yang terdaftar sebagai anggota resmi Bursa Efek Indonesia pada tahun 1989 dengan Nomor Akta: No. 128, tgl. 6 Oktober 1989. Perusahaan ini berbentuk perseroan terbatas dengan aktivitas bisnis di bidang sekuritas yang berpusat di Jakarta, Indonesia.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1989 dengan nama PT. Santana Jaya Sejati. Pada Tahun 2003 nama perusahaan kemudian diganti menjadi PT. Phillip Securities Indonesia.

Status operasional perusahaan hingga saat ini adalah aktif. Berdasarkan rilis data Bursa Efek Indonesia tentang audit laporan keuangan anggota bursa tahun 2012, Ekuitas Phillip Securities Indonesia adalah lebih dari Rp170 miliar.

Pada tahun 2009, perusahaan ini mendapatkan penghargaan dari Majalah Investor Indonesia sebagai Best Securities Company, yaitu perusahaan sekuritas terbaik dengan aset di atas Rp. 250 Miliar - 500 Miliar. Pada tahun 2012, Majalah Investor Indonesia menempatkan peringkat perusahaan ini di ranking ke-4 untuk kategori perusahaan sekuritas dengan aset di atas Rp. 500 Miliar - 1 Triliun setelah Kresna Graha Sekurindo Tbk (IDX: KREN), MNC Securities, Reliance Securities Tbk dan diikuti oleh UOB Kay Hian Securities, Valbury Securities, Lautandhana Securindo dan Trimegah Securities Tbk.

Pemberian penghargaan ini mengacu pada sejumlah kriteria, di antaranya, pertumbuhan pendapatan usaha, pertumbuhan laba bersih, net profit margin (NPM), return to total asset (ROA), return on equity (ROE), hingga perbandingan nilai transaksi harian terhadap Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD). (njs/dbs)


Back to Top