Berharap Masuk Guinness World Records, Seniman Mesir Ini Tulis Ulang Alquran Terpanjang di Dunia

gomuslim.co.id- Putus sekolah bukan berarti tidak bisa membuat sejarah dalam hidup. Seperti yang dilakukan seniman asal Mesir yang bernama Saad Mohammed ini. Selama tiga tahun, seorang pria drop-out ini menghabiskan waktunya selama tiga tahun untuk membuat Alquran terpanjang di dunia.

Mohammed menulis kembali ayat-ayat Alquran dengan tangannya. Ia menulis di atas kertas berukuran 700 meter atau setara 2.296 kaki. Saat lembaran kertas itu dibuka, ukurannya hampir dua kali lebih tinggi dari gedung pencakar langit di New York, Empire State Building setinggi 381 meter. “Alquran ini panjangnya 700 meter, dan tentu saja ini adalah kertas dalam jumlah besar,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Reuters, Kamis, (04/05/2017).

Motif-motif khas Islam yang dicat indah menghiasi salinan tulisan Alquran tersebut. Gulungan kertas sepanjang 700 meter itu ditempatkan oleh Saad di sebuah kotak kayu raksasa dengan rol di setiap ujungnya.

Selain menulis sendiri, pria yang tinggal di kota Belqina, Kairo Utara atau sekitar 115 km dari ibu kota Kairo ini juga mendanai seluruh bahan Alquran tersebut. "Saya mendanai sendiri proyek ini selama tiga tahun terakhir, dan saya tidak memiliki asset kekayaan atau apapun itu,” jelas dia.

Mohammed yakin Alquran buatannya bisa masuk Guinness World Records dengan kategori Alquran tulisan tangan terbesar di dunia. Namun, untuk meraih mimpinya dan membuatnya masuk ke dalam rekor itu, dia butuh bantuan untuk biaya masuk. Dia berharap tak ada orang lain yang membuat salinan Alquran lebih besar dari yang dia buat.

Guinness World Records sendiri mencatat Mushaf Alquran dari Othman sebagai Alquran tertua di dunia. Kitab suci itu dibuat pada tahun 655 Masehi dan termasuk dalam Khalifah Usman (ayat 588-656). Saat ini, 705 halaman yang tersisa disimpan di Uzbekistan.

Sedangkan Alquran lain yang ikut masuk rekor adalah Alquran tulisan tangan terbesar yang diluncurkan di Afganistan pada tahun 2012. Panjangnya lebih dari 2,2 meter dan lebar 1,55 meter. Alquran itu berisi 218 halaman dengan tulisan indah yang dibalut sampul kulit 21 kambing. Butuh waktu lima tahun untuk menyelesaikan kitab seberat 500 kilogram ini, tetapi tampaknya belum secara resmi dicatatkan di Guinness Book of Records.

Pihak Guinness memiliki catatan untuk kitab suci cetak terbesar di dunia, yang berukuran 152 × 200 cm dengan 632 halaman dan bobot 552 Kg. Namun, pihak Guiness memastikan belum ada pemegang rekor untuk Alquran tulisan tangan terbesar di dunia.

Tak seorang pun mengklaim mempunyai Aluran paling kecil. Namun demikian, pada 2012 seorang warga di Uni Emirat Arab mengaku mempunyai Alquran paling kecil dengan panjang hanya 5,1 centimeter, lebar 8 centimeter dan terdiri dari 550 halaman. halaman ini diberi judul Emirates247. (njs/reuters/dbs)


Back to Top