Ikuti Jejak Aceh, NTB, dan Sumbar, Gorontalo Segera Siapkan Destinasi Wisata Halal

gomuslim.co.id-  Tahun 2016 lalu, Indonesia menjadi juara umum Lomba Wisata Halal di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Hal ini membuat tiga Provinsi, yaitu Nusa Tengga Barat (NTB), Sumatra Barat, dan Aceh menjadi semakin mendunia. Mengikuti jejak tiga provinsi tersebut, pariwisata halal juga sedang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Sejumlah obyek disiapkan, terutama yang terkait dengan budaya dan adat daerah ini seiring meningkatnya pariwisata di sejumlah kabupaten dan kota. Desa wisata religi Bubohu Bongo, Tapa, kawasan Danau Limboto dan Kota Tua Gorontalo disiapkan menjadi sajian utama wisata halal ini. Pengembangan pariwisata yang bersifat mulitsektoral diyakini mampu menjembatani dan mendorong pembangunan sektor lain secara sinergi.

Alim Katili, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, dalam publikasi KompasTravel mengatakan budaya Gorontalo mengenal filosofi adat bersendi syara dan syara bersendi kitabullah sejalan dengan konsep wisata halal.

Karena itu, salah satu strategi pengembangan pariwisata yang selaras dengan pelestarian budaya dan lingkungan serta  pemberdayaan masyarakat adalah wisata halal.

Kata Alim, Menteri Pariwisata, Arief Yahya juga akan menjadi kunci dalam seminar internasional wisata halal pada pekan depan.  Pasar wisata halal ini akan membidik sejumlah wisatawan timur tengah dan sejumlah pasar potensial, termasuk wisatawan nusantara yang terus bertambah jumlahnya. Pengalaman menikmati budaya Gorontalo akan menjadi sajian utama perjalanan ke daerah ini.

Sekadar informasi, Gorontalo adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang lahir pada tanggal 5 Desember 2000. Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah yang berkenaan dengan Otonomi Daerah di Era Reformasi, provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember dan menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia.

Ibukota Provinsi Gorontalo adalah Kota Gorontalo (sering disebut juga Kota Hulontalo) yang terkenal pula dengan julukan "Kota Serambi Madinah". Provinsi Gorontalo terletak pada Semenanjung Gorontalo (Gorontalo Peninsula) di Pulau Sulawesi, tepatnya di bagian barat dari Provinsi Sulawesi Utara. Luas wilayah provinsi ini 12.435,00 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1.133.237 jiwa (2016), dengan tingkat kepadatan penduduk 88 jiwa/km². (fau/dbs)


Back to Top