Bentuk Tim Halal, Bio Farma Siapkan Vaksin Bebas Produksi Zat Hewani

gomuslim.co.id- Industri produk halal kini semakin gencar meluncurkan produk terbarunya. Hal ini seiring dengan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat setiap tahunnya. Tidak hanya soal makanan dan minuman, produk halal juga berlaku untuk alat kosmetik dan obat-obatan.

Baru-baru ini, perusahaan produsen vaksin PT Bio Farma (Persero) telah membentuk tim khusus yang diberi nama Tim Halal. Tim ini nantinya akan menghadirkan produk vaksin halal yang terbebas dari proses produksi zat hewani.

Sekretaris Perusahaan Bio Farma, Rahman Rustan, dalam keterangan tertulisnya menjelaskan bahwa Tim Halal terdiri dari tim internal, tim eksternal, dan tim advokasi imunisasi. Ketiganya dibentuk untuk mempersiapkan sertifikasi halal produk yang dilakukan secara bertahap.

“Selain itu, Bio Farma juga akan mengadakan pelatihan internal dan mengikuti pelatihan eksternal untuk persiapan sertifikasi dengan beberapa pihak seperti Majelis Ulama Indonesia dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika MUI,” ujarnya. 

Rahman menjelaskan Bio Farma berkomitmen untuk membuat proses produksi produk-produk Bio Farma terbebas dari bahan dan zat-zat hewani semenjak dilakukannya proses penelitian dan pengembangan produk yang dikawal dari LPPOM MUI.

Upaya lainnya, lanjut Rahman, melakukan sinergi dengan berbagai lembaga untuk penelitian dan pengembangan vaksin halal. Rahman mengakui isu kehalalan vaksin yang beredar di masyarakat merupakan hal serius yang harus dihadapi dan memerlukan kerja sama dengan berbagai pihak mulai dari pemerintah, masyarakat, dan ulama.

"Kami merujuk pada fatwa MUI yang menyatakan bahwa vaksin ini dibolehkan, bahkan menjadi hak anak sehingga hukumnya wajib," kata Rahman.

Dia mengemukakan bahwa vaksin merupakan inovasi besar di dunia kesehatan yang dapat mengurangi biaya pengobatan, karena sifat vaksin yang berfungsi untuk mencegah penyakit.

Sekadar informasi, PT Bio Farma (Persero) adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang sahamnya dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah. Bio Farma adalah satu-satunya produsen vaksin bagi manusia di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara yang selama ini telah mendedikasikan dirinya dalam rangka memproduksi vaksin dan anti sera berkualitas internasional.

Produksi vaksin dan anti sera ini diproduksi untuk turut serta mendukung program imunisasi nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia dengan kualitas derajat kesehatan yang lebih baik.

Bio Farma didirikan pada 6 Agustus 1890. Selama 126 tahun pendiriannya Bio Farma telah berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa, baik yang berada di Indonesia maupun mancanegara.

Lebih dari 130 negara telah menggunakan produk Bio Farma terutama negara-negara berkembang, dan 50 diantaranya adalah negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Produksi Vaksin Bio Farma telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan mendapatkan pra kualifiasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Dengan kapasitas produksi lebih dari 3,2 Miliar dosis pertahun, Bio Farma telah memenuhi kebutuhan vaksin Nasional dan kebutuhan vaksin dunia melalui WHO dan UNICEF. Dengan filosofi Dedicated to Improve Quality of Life, Bio Farma berperan aktif meningkatkan ketersediaan dan kemandirian produksi Vaksin di negara-negara berkembang dan negara-negara Islam untuk menjaga keamanan kesehatan global (Global Health Security). (njs/dbs)

 


Back to Top