Tumbuhkan Minat Baca Alquran Masyarakat, Warung di Cirebon Ini Gratiskan Makanan dan Minuman

gomuslim.co.id- Ada banyak cara unik untuk menumbuhkan minat membaca Alquran di masyarakat. Salah satunya yang dilakukan warung yang berada di Jalan Kartini, Kota Cirebon ini. Sebuah warung bernama “Warung Silaturrahmi” itu menggratiskan makanan dan minuman bagi masyarakat yang mau membaca satu juz Alquran.

Setelah selesai mengaji, pengunjung bisa makan gratis dan bebas memilih menu yang ada di warung tersebut. “Kalau untuk makan gartis hanya pas di hari Jumat saja, dari mulai pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB,” ujar penjaga warung Silaturahmi, Sri Wahyuni (45).

Warung nasi berada di halaman sebuah rumah ini sudah berdiri sejak dua tahun lalu. Namun pemilik baru menggulirkan makan gratis bagi pembaca Alquran sekitar tujuh bulan lamanya. "Ini warung punya keponakan saya, Lukman namanya. Dia kerja, saya yang jaga warung," ucapnya.

Sri mengatakan sejak ada makan gratis, setidaknya ada satu atau tiga orang yang membaca Alquran di warungnya. Kebanyakan dari mereka ialah pelajar dan pegawai di sekitar warung. “Bukan soal banyak atau tidaknya jumlah ayat Alquran yang dibaca. Namun yang terpenting adalah bagaimana minat membaca Alquran terus tumbuh,” katanya.

Lebih lanjut, Sri menuturkan ide tersebut tidak lain sebagai bentuk sodakoh kepada orang yang membutuhkan. Karena, menurut Sri, semakin banyak beramal, maka semakin banyak pahala yang didapatkan.

Selain itu, para pengunjung yang hendak beribadah sambil mengisi perut sendiri tidak perlu repot-repot membawa Alquran sendiri, karena beberapa mushaf Alquran dan juga tempat wudhu sudah disediakan. “Setelah menyelesaikan bacaan Alquran dan berkisar 15 menit, para pengunjung dapat langsung menikmati beragam makanan yang tersedia di warung ini,” jelas Sri.

Sebenarnya warung yang menjajakan makanan berupa nasi dan ayam itu buka setiap hari mulai pagi hingga sore hari. Sri berharap kedepannya makan gratis bagi pembaca Alquran ini berjalan setiap hari.

Hasan Hidayat, salah seorang pengunjung mengungkapkan bahwa dirinya baru tahu jika warung tersebut menggratiskan makanan dan minuman bagi yang membaca Alquran. Ia mengaku senang dengan program makan gartis di warung Silaturahami. Dirinya sangat terbantu saat tidak memiliki uang untuk mebeli makanan.

"Tadi saya pulang Jumatan. Lewat, terus makan di sini. Saya senang selain murah, juga warung ini membudayakan baca Alquran dengan cara berbeda. Saya doakan pemilik warung diberikan rezeki yang berlimpah dari Allah SWT," tutur Hasan.

Sri selama ini tingal di rumah yang halamannya berdiri Warung Silahturahmi. Dia ditugasi oleh pemilik untuk menempati rumah sekaligus menjaganya. Kini rumah terseut di tempati oleh Sri, suami, anak, menantu, dan dua orang cucunya.

Pada awalnya, Sri memiliki rumah di daerah Kesunean, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Namun karena kondisinya tak layak huni, dia diberikan tempat oleh teman suaminya di rumah yang kini ia huni. "Alhamdullilah yang punya rumah mendukung juga warung ini. Jadi boleh dagang sekaligus tunggu rumah," ujar Sri.

Makanan dan minuman di tempat ini memang terbilang murah. Satu paket berisi nasi, ayam, tempe, dan lalaban hanya Rp 11 ribu. Sementara untuk minuman bervariatif mulai dari Rp 3 hingga 5 ribu. (njs/dbs)

 


Back to Top