Program Belanja Bareng Yatim Akan Semarakkan Kegiatan Ramadhan PKPU

gomuslim.co.id- Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) pada Ramadhan tahun ini akan fokus pada program Belanja Bareng Yatim (BBY) untuk anak yatim dan piatu. Rencananya target program BBY PKPU akan menjangkau 10 ribu anak-anak yatim di seluruh Indonesia

Presiden Direktur PKPU, Agung Notowiguno, mengatakan ada empat program BBY yang akan diluncurkan PKPU pada Ramadhan tahun ini. Di antaranya, program Belanja Bareng Yatim, Bingkisan Buat Yatim, Baju Buat Yatim dan Buka Bareng Yatim (BBY). Adanya fokus PKPU yakni anak-anak yatim, karena jumlah mereka di Indonesia cukup banyak.

"Target besar kita untuk Ramadhan akan menargetkan sekitar 10 ribu anak-anak yatim di seluruh Indonesia," ujar Agung.

Program Belanja Bareng Yatim, PKPU akan mengajak anak yatim ke pusat perbelanjaan. Mereka akan diberi voucer belanja di sana. Tujuannya untuk memberikan rasa kebahagiaan kepada anak-anak yatim.

Bagi anak-anak yang memiliki orang tua biasanya belanja untuk mempersiapkan hari Lebaran. PKPU ingin mengajak anak-anak yang sudah tidak memiliki orang tua untuk belanja sesuai kebutuhan mereka jelang Lebaran.

"Ada rasa senang juga mereka bisa ke tempat perbelanjaan, maksudnya bukan konsumerisme, tapi bagaimana kita bisa membahagiakan mereka," tukas Agung.

Dengan adanya program Bingkisan Buat Yatim, PKPU akan memberi hadiah kepada anak-anak yatim. Tujuannya sama untuk membahagiakan mereka. Program lainnya seperti Baju Buat Yatim dan Buka Bareng Yatim juga untuk membahagiakan dan mencukupi kebutuhan mereka menjelang Lebaran.

Pada 8 Oktober 2001, berdasarkan SK. Menteri Agama No 441 PKPU telah ditetapkan sekaligus dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS). Hal itu membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat kepada PKPU semakin besar.

Seiring dengan meluasnya jangkauan kegiatan sosial yang terus disalurkan ke berbagai lapisan masyarakat di seluruh penjuru Indonesia serta besarnya dorongan masyarakat luas untuk bekerjasama dalam memberdayakan bangsa, maka pada tahun 2004, PKPU bertekad untuk membangun kemandirian rakyat Indonesia dengan memperluas lingkup kerjanya sebagai Lembaga Kemanusiaan Nasional.

Kiprah PKPU sebagai pegiat kemanusiaan terukir jelas dalam partisipasinya berdampingan dengan NGO internasional dari manca negara mengatasi keadaan darurat tanggap bencana serta fase pembangunan kembali bencana-bencana besar yang menimpa tanah air kita seperti gempa bumi dan tsunami di Aceh, Yogyakarta, dan beberapa peristiwa lainnya. (nat/pkpu/dbs)

 

 


Back to Top