Gandeng Muslimat Al-Ittihadiyah dan Universitas Ibn Khaldun Bogor, LPPOM MUI Gelar Sosialisasi Makanan Halal di Lapas Anak Tangerang

gomuslim.co.id- Makanan sangat mempengaruhi akhlak seseorang, tidak ada kata terlambat walau mereka pernah terjebak kesalahan di masa lalu yang menyebabkan mereka dipenjara. Dengan semangat tersebut, LPPOM MUI bersama Muslimat Al-Ittihadiyah dan Universitas Ibn Khaldun Bogor pada akhir April 2017 lalu menggelar  sosialisasi makanan halal ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Tangerang.

Ketua Umum Muslimat Al-Ittihadiyah, Dr. Hartini Salam mengatakan mereka sangat concern terhadap sosialisasi halal. Dengan menggandeng LPPOM MUI, Hartini bersama tim memberikan motivasi kepada para penghuni LPKA untuk dapat melupakan masa lalu dan berpikir untuk masa depan, tidak lupa tips mengkonsumsi makanan halal pun diberikan.  Kata Hartini kepada anak-anak tersebut, kunci kebahagiaan adalah dengan membuang masa lalu.

Selain itu, Yuli Niartini, Kepala LPKA Kelas 1 Tangerang mengatakan anak-anak ini memang tahap-tahapnya berkembang, ingin mengetahui semuanya, termasuk makanan yang harus dikonsumsi. Ditambahkannya,  sebagian besar memang mengetahui halal tidaknya makanan yang dikonsumsi, tapi sejauh mana halal itu, mereka tidak mengetahui.

“Sangat penting sekali memberikan suatu pencerahan, pengertian dan edukasi kepada mereka apa sih yang dapat dikatakan itu halal,” tegas Yuli.

Di LPKA mereka tetap bersekolah. Tingkatannya pun beragam, dari SD sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Tetapi untuk saat ini, tingkatan SMA yang tersedia adalah SMK Otomotif. Setiap hari Jum’at dan Sabtu, diadakan kegiatan khusus yang menggandeng pihak luar serta keorganisasian.

Selain itu, juga dilakukan kegiatan rutin seperti salat jamaah 5 waktu, pramuka, kegiatan kesenian kolaborasi angklung dan rampak gendang, dan lain-lain. Berbagai prestasi pun telah mereka peroleh, salah satunya berhasil merebut juara 4 nasional dalam dunia otomotif yakni bedah mesin motor honda.

Kepala Divisi Sosialiasi dan Promosi LPPOM MUI, Lia Amalia, tidak lupa memberikan sosialisasi halal melalui berbagai games yang diikuti antusias oleh seluruh peserta, didukung berbagai produk yang sudah disertifikasi halal, seperti PT. Jakarana Tama (Gaga) dan PT. Rekso Nasional Food (McDonald's Indonesia).

Image Ramah Anak dengan SPPA atau Sistem Peradilan Pidana Anak memang diterapkan di LPSA ini. Hal ini dilaksanakan dalam rangka mengubah image Lembaga Pemasyarakatan yang memberikan kesan angker dan tidak bersahabat menjadi tempat yang tetap nyaman untuk mereka dapat berkembang, walaupun tetap di dalam ‘kurungan’. (fau/halalmui)

 

 

 


Back to Top