Jadi Wadah Belajar Anak, Relawan Rumah Zakat Sumatra Barat Resmikan Program Rumah Nusantara di Padang

gomuslim.co.id-  Dalam rangka pengembangan kreatiVitas dan keterampilan, Relawan Rumah Zakat (RZ) Sumatra Barat membuka program Rumah Nusantara yang dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas, Pasir Muara Ganting, Kel.Prp Tabing, Padang.

Rumah Nusantara ini merupakan program pendidikan berkarakter yang ditujukan kepada anak – anak melalui konsep belajar sambil bermain. Kegiatan ini lansung di buka secara resmi oleh Ketua RW yaitu Bapak Rusdi Karim.

“Saya selaku ketua RW Pasir Muara Ganting sangat berharap kepada para orang tua untuk mengajak anak- anaknya belajar di Rumah Nusantara yang diadakan oleh Rumah Zakat Sumatera Barat, “ ujarnya.

Selain itu, Ihsan yang merupakan anak TPA Masjid Al Ikhlas juga menuturkan bahwa ia sangat senang dengan adanya kegiatan Rumah Nusantara.

“Alhamdulillah, saya sangat senang sekali, untuk kedepannya bisa belajar sambil bermain bersama kakak relawan dari Rumah Zakat, apalagi jika ada permainannya, sehingga kami tidak bosan,” ujarnya.

Setelah program Rumah Nusantara resmi di buka, dilanjutkan dengan agenda makan soto bersama warga dan anak-anak yang tinggal di sekitar Masjid Al Ikhlas.

Selanjutnya di hari Minggu, (07/05/2017) Relawan Rumah Zakat langsung mengadakan kegiatan untuk pertama kalinya. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Pasir Muara Ganting yaitu dengan memberikan beberapa permainan kepada adik-adik. Sebanyak 25 orang anak Rumah Nusantara turut aktif dalam bermain.

Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mendekatkan diri kepada adik-adik, melatih kekompakan, dan mengenal karakter mereka. InsyaAllah untuk ke depannya adik-adik akan diberikan berbagai bentuk pembelajaran seperti belajar bahasa inggris, agama, kreativitas, seni, dan sebagainya.

Untuk diketahui, Rumah Zakat (RZ) adalah lembaga filantropi yang digagas sejak tahun 1998. Lembaga ini mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan). (fau/rz)


Back to Top