Ini Alasan Jepang Jadi Destinasi Wisata Favorit Turis Muslim

gomuslim.co.id- Tren pariwisata halal yang mendunia kini menjadi garapan beberapa Negara. Tidak hanya Negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) atau mayoritas penduduknya muslim, tetapi juga negara-negara non-OKI. Salah satunya adalah Negara Jepang.

Dalam beberapa tahun terakhir, Negara berjuluk Negeri Sakura ini sangat gencar mempromosikan wisata halalnya ke berbagai Negara muslim. Atas kerja keras tersebut, Jepang menjadi salah satu Negara yang paling banyak diminati wisatawan muslim untuk berkunjung.

Jepang terkenal sebagai negara dengan tingkat toleransi antar umat beragama yang baik. Walaupun bukan negara yang memiliki mayoritas Muslim, namun jepang menyediakan kemudahan bagi Muslim yang berkunjung kesana. Diantaranya masjid, hotel yang aman bagi Muslim, dan restoran yang menggunakan logo halal.

Hal seperti ini juga didukung akibat pesatnya pertumbuhan penduduk Muslim di jepang yang dimulai sekitar satu dekade silam. Sejak saat itu mulai banyak bermunculan restaurant-restaurant halal dan Masjid yang dapat ditemui di Jepang terutama di kota-kota besar.

Akhirnya, saat ini Jepang menjadi salah satu negara favorit bagi para pelancong Muslim dari seluruh dunia. Berkat hal ini Jepang mendapat pemasukan yang tinggi dari para wisatawan Muslim.

"Di Jepang, ada sejumlah kombinasi yang membuat mereka begitu impresif dalam membangun industri pariwisata, seperti mata uang yen yang rendah, ini menjadi salah satu hal yang membuat nyaman wisatawan, termasuk mereka yang berasal dari Asia Tenggara," ujar Susah Ong, Deputi Direktur JNTO Office, seperti dilansir dari publikasi SCMP.com, Senin (08/05/2017).

Pemilik Hotel Syariah Fujisan, Shigeru Yamasita mengaku sejak merintis hotel syariah pada Juli 2016, jumlah wisatawan yang menginap naik setiap tahunnya. Kuncinya, menurut dia, wisatawan Muslim harus terpenuhi kebutuhannya, seperti arah kiblat dan rekomendasi makanan halal.

"Sejauh ini, sudah 300 tamu dari kalangan Muslim yang menginap. Saya masih merintisnya, dan saya percaya akan terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman mengaku kagum melihat kejelian Jepang dalam mengembangkan potensi halalnya. Terbilang baru di bisnis halal dunia, Negeri Matahari Terbit itu mengeluarkan gebrakan-gebrakan yang menarik perhatian dunia. “Saya kagum kepada Jepang," kata dia.

Muliaman mengatakan Jepang terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2020. Penetapan sebagai tuan rumah perhelatan olahraga terbesar itu membuat Jepang gencar mempromosikan potensi yang dimilikinya. Termasuk membuka pintu kepada ekonomi syariah dan pasar halal.

Pemerintah Jepang berharap event ini akan membuat kunjungan wisatawan muslim ke negaranya akan semakin bertambah. Saat ini pun, para traveler muslim ini lebih mudah mencari menu-menu makanan halal. “Sekarang lebih mudah mencari makanan halal di Jepang daripada 10 tahun yang lalu," kata Muliaman. (njs/dbs)

 


Back to Top