Hotel Syariah Makin Menjamur, Jumlah Wisatawan Jepang Bertambah Tiap Tahun

gomuslim.co.id- Negeri Sakura masih menjadi tujuan favorit para wisatawan dari negara-negara Muslim. Semenjak berkembangnya industri pariwisata syar’i dan banyaknya makanan halal,  Organisasi Wisatawan Nasional Jepang mengumumkan sebanyak 271 ribu warga Indonesia mengunjungi Jepang pada 2016 dan 394 ribu dari Malaysia.

Kenaikan ini disebabkan karena pemerintah memberikan kelonggaran persyaratan visa dan juga harga tiket penerbangan yang lebih murah untuk negara berkembang, seperti dilansir dari publikasi The Star Online, Senin (08/05/2017).

Selain itu, faktor lain yang tidak kalah penting adalah kemudahan yang didapatkan wisatawan Muslim saat berkunjung. Shigeru Yamashita membuka Hotel Syariah Fujisan khusus untuk memenuhi kebutuhan turis Muslim pada Juli 2016.

"Saya membuka hotel agar umat Islam merasa nyaman saat berkunjung ke Jepang. Semua makanan yan kami sajikan adalah masakan Jepang tetapi disiapkan menggunakan bahan halal, " terang Yamashita.

Hotel tersebut juga menyediakan arah kiblat di setiap kamar hotel dan juga ruang shalat. Hotel syariah ini dibangun dari sebuah rumah lawas yang telah direnovasi dekat Danau Kawaguchiko di kaki Gunung Fuji. "Saat ini kami telah menerima 300 tamu Muslim. Bisnis ini masih baru dan saya yakin sektor ini akan tumbuh dan semakin banyak Muslim yang datang ke Jepang," katanya.

Pada 2016 turis yang datang ke Jepang mencapai 24 juta orang, jauh melampaui target 2020 sebanyak 20 juta orang, dan wisatawan dari negara Muslim penyumbang terbanyak.

Hotel Syariah Fujisan juga terdaftar di sebuah online hotel internasional sehingga siapa pun bisa booking dengan mudah. Kehadiran hotel syariah ini semakin melengkapi fasilitas-fasilitas baru dari Gunung Fuji. Sebelumnya pihak pengelola baru saja menyediakan wifi di berbagai area untuk para pendaki. Dengan semakin banyaknya wisatawan Muslim yang berkunjung ke Jepang, serta dengan daya tarik Gunung Fuji, Syariah Hotel Fujisan bisa menjadi pilihan utama turis Muslim saat berlibur. 

Jepang terkenal sebagai negara dengan tingkat toleransi antar umat beragama yang baik. Walaupun bukan negara yang memiliki mayoritas Muslim, namun jepang menyediakan kemudahan bagi Muslim yang berkunjung kesana. Diantaranya masjid, hotel yang aman bagi Muslim, dan restoran yang menggunakan logo halal. (nat/dbs)

 


Back to Top