Pemprov NTB Siap Gelar Festival Khazanah Ramadhan 2017

gomuslim.co.id-  Dalam waktu dekat, Bulan Suci Ramadhan akan tiba. Beragam persiapan umat Islam terus dilakukan untuk meningkatkankan ibadah di bulan puasa ini.  Untuk mendukung dan menyemarakkan bulan Ramadhan tahun ini, Pemerintah Proivinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar Festival Khazanah Ramadhan 2017.

Dengan tema “Perkuat Iman & Ukhuwah Umat”, selama bulan Ramadhan, Pemprov NTB akan menghadirkan para Imam Besar dari empat  negara Timur Tengah dalam kegiatan Khazanah Ramadhan, dan diharapkan Umat yang berasal dari seluruh Indonesia maupun mancanegara, khususnya Asia akan hadir di NTB untuk menjalankan ibadah yang lebih baik lagi dan khusyuk selama bulan suci Ramadhan.

aneka kegiatan pendukung seperti pameran dan bazar, aneka lomba, talkshow, kegiatan sosial dan lainnya siap digelar di festival ini. Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan launching Festival Khazanah Ramadhan akan dilakukan di Jakarta dalam ajang Rembuk Republik yang diselenggarakan Harian Umum Republika pada Kamis, (4/05/2017).

“Pusat lokasi kegiatan Festival Khazanah Ramadhan itu di Islamic Center NTB sebulan penuh,” kata Faozal di kantor Dinas Pariwisata NTB Provinsi NTB. Beragam acara menarik juga sudah disiapkan selama bulan suci ramadhan di Pulau Seribu Masjid ini.

Faozal menyebutkan, rencananya akan menghadirkan empat imam besar dari Arab Saudi, Maroko, Yordania, dan Mesir untuk memberikan tausiyah kepada warga NTB. Ada sekitar 28 kegiatan yang dirancang untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan, mulai dar pameran, bazar, kuliner halal, pameran buku, lomba fotografi, bedah buku, kerajinan tangan, table top Islami, pameran seni budaya islam, dan juga reuni qari dan qariah terbaik saat ajang Musabaqah Tilawatil Quran 2016.

Menariknya, Pemprov NTB juga menyiapkan pelepasan seribu lampion pada malam takbiran. Seribu lampion sebagai penanda bahwa Lombok dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid.

Selanjutnya, Festival ini akan dipusatkan di Islamic Center NTB, sudah menjadwalkan kehadiran Imam Besar di Arab Saudi, Mesir, Yordania dan Maroko.  Para imam besar tersebut akan mengisi dialog menjelang buka puasa, tadarusan selama tiga minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Kehadiran empat imam besar merupakan bagian dari program Pesona Khazanah Ramadhan di Bumi Seribu Masjid. Adapun empat imam besar tersebut berasal dari Suriah, Maroko, Libanon dan Mesir.

Gubernur NTB, Tuan Guru Haji Muhammad Zainul Majdi mengatakan dengan mengundang empat imam besar ini diharapkan akan menciptakan spiritual tourism di NTB.

"Masing-masing selama 1 minggu mengimami. Jadi kita ingin menghadirkan suasana berbeda dan menciptakan kekhusuan, kita siapkan hal-hal yang bisa membantu," papar Zainul, Kamis (04/05/2017).

Adapun kegiatan keempat imam besar ini di antaranya mengimami sholat serta memimpin tadarus dan doa di malam Ramadhan. Selain itu, Pemprov NTB juga akan mengadakan sebanyak 28 kegiatan lainnya seperti festival kuliner, pameran buku, festival seni budaya hingga ekonomi kreatif yanga kan berlangsung selama bulan Ramadhan, yaitu pada 25 Mei sampai 26 Juni 2017.  (fau/dibudparntb)

Baca juga:

Ramaikan Wisata Ramadhan, Pemprov NTB Datangkan Empat Imam Besar Timur Tengah

 


Back to Top