Angkat Tema ‘Zakatnesia’, Dompet Dhuafa Jabar Targetkan Himpun Zakat Rp 2 Milyar di Bulan Ramadhan

gomuslim.co.id- Ramadhan tahun ini Lembaga zakat Dompet Dhuafa Jawa Barat menyiapkan penerimaan dan penyaluran zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf). Penyaluran Dompet Dhuafa menargetkan penyaluran Ziswaf kepada enam ribu penerima manfaat di seluruh Jawa Barat.

Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Jawa Barat Udhi Tri Kurniawan mengatakan dalam Ramadhan kali ini Dompet Dhuafa mengusung tema ‘Zakatnesia’, dengan target bantuan yang dikumpulkan mencapai Rp 2 miliar. 

"Kita ingin secara khusus target penyaluran zakat pada Ramadhan kali ini menyasar ke 6.000 penerima manfaat yang itu akan disalurkan dalam berbagai format program dan charity," ujar Udhi Selasa (09/05/2017).

Bantuan tersebut akan disalurkan kepada mustahik yang membutuhkan. Ada delapan kelompok mustahik yang akan diberikan bantuan lewat berbagai program. Udhi menyebutkan berbagai program dan event selama Ramadhan sudah disiapkan untuk penyaluran zakat yang dihimpun Dompet Dhuafa.

Pihaknya berharap agar berbagai program yang digelar dapat membangkitkan semangat untuk lebih peduli terhadap sesama. Program Ramadhan Dompet Dhuafa Jawa Barat meliputi berbagai bidang yakni, ekonomi, kesehatan, relief, pendidikan, dan dakwah.

“Penyaluran zakat ini akan diberikan lewat beberapa program seperti Parsel Lebaran, Sahabat Berbagi Harapan, Bike To Share, Terima Kasih Pahlawan, serta berbagai program lainnya sesuai dengan kebutuhan mustahik,” pungkasnya.

Salah satunya program Sahabat Berbagi Harapan. Program ini beupaya hadirkan kebahagiaan bagi anak-anak yang kurang beruntung seperti penderita kanker dan anak yatim. Tak hanya itu, bantuan juga dapat disalurkan untuk masyarakat yang tidak mampu membayar rumah sakit, pendidikan, hingga berbagai bantuan mitra usaha produktif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar bisa lebih mandiri.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2016, penduduk miskin di Indonesia saat ini mencapai 27.8 juta orang atau 10,86 persen dari total jumlah penduduk. Di Jawa Barat, ada sekitar 4,2 juta penduduk miskin. Udhi menuturkan, mengentaskan kemiskinan sejatinya tidak hanya tugas pemerintah, tetapi juga seluruh komponen bangsa, termasuk masyarakat.

“Kami terus berikhtiar, sebagia lembaga zakat, mengajak publik untuk bersama-sama berkontribusi terhadap Indonesia dengan zakat, mengeluarkan kewajiban 2,5 persen dari penghasilan tiap bulan,” ucap Udhi.

Sementara itu untuk kemudahan dan inovasi Layanan Donasi, Dompet Dhuafa Jabar mempersiapkan berbagai layanan yang memfasilitasi masyarakat meluaskan aktivitas kebajikan di bulan Ramadhan. Dompet Dhuafa Jabar menghadirkan kemudahan menunaikan Ziswaf melalui kanal perbankan, kantor kas, dan puluhan konter di beberapa mall, perkantoran, pusat belanja, stasiun kerta, dan seluruh jaringan Hypermart dan Matahari di Bandung Raya dan Sumedang.

"Kami menghadirkan pula layanan jemput zakat, konsultasi online seputar Ziswaf dan tema keislaman. Selama bulan Ramadhan, kami berusaha menghadirkan berbagai layanan ini agar memudahkan masyarakat dalam melakukan amal kebajikan," tutur Udhi. (nat/dd/dbs)

 


Back to Top