Band Remaja Berhijab Asal Garut Ini Jadi Viral di Media Asing

gomuslim.co.id- Grup musik metal Voice of Baceprot (VoB) yang digawangi tiga hijabers siswi SMK di Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat namanya kian melejit setelah viral di sejumlah media sosial dan media asing.

Sebuah media online asal Republik Ceko, INFO.CZ misalnya, menuliskan berita ketiga personel VoB sebagai Muslimah cilik asal Indonesia yang mampu memainkan musik trash metal dengan tempo nada cepat. Kemampuan bermain gitar pada bagian tersulit juga dibahas bersamaan dengan gaya pakaian personel VoB yang kompak berhijab.

Kemudian Zoomin.Tv, media asing yang bermarkas di Amsterdam, Belanda. Dalam wawancaranya, mereka lebih tertarik menanyakan peran para personel sebagai perempuan berhijab, dalam menyuarakan cara pandang mereka terhadap ketidakadilan serta mampu keluar dari stigma perempuan yang terbatas.

Sementara itu, SBS Radio, sebuah radio berbasis di Melbourne dan Sydney, Australia, juga turut mewawancarai VoB secara live dengan tema utama mengenai proses kreatif selama ketiga remaja putri itu merintis karir musiknya.

Manajer VoB Cep Ersa Ekasusila Satia mengatakan jika sebenarnya masih ada beberapa lagi media asing yang pernah mewawancarainya. “Tapi kami lupa namanya," ujar Ersa.

Semua proses wawancara dilajukan secara live report, lanjut Ersa. Proses wawancara media luar melalui email untuk meminta kesanggupan wawancara seluruh anak didiknya. "Jadi bukan kita yang minta namun mereka yang mengajukan," sambungnya.

Ersa mengaku apa yang terjadi pada VoB adalah jawaban atas semua mimpi dan harapan personil VoB. "Jadi ada kebiasaan dari anak-anak (para personel VoB), mereka selalu menulis mimpi dan keinginannya di atas kertas, sekarang mimpi itu Alhamdulillah telah tercapai,” ujarnya.

Dirinya pun terus mengasah kemampuan bermusik seluruh personil VoB, termasuk soal mental saat berada di atas panggung. Salah satu caranya dengan mengikuti berbagai festival dan event agar terbiasa di atas panggung. Termasuk manggung bersama tiga band rock papan atas Indonesia, Kotak, Rif dan God Bless, tampil dalam gelaran Super Rawk Fest 2017, pada akhir Maret lalu.

“Bahkan salah satu label musik di Bandung, siap memboyong mereka manggung di Negeri Jiran, Malaysia, namun masih negoisasi," kata Ersa.

Hingga kini VoB telah menelurkan tiga single yang diciptakan bersama-sama, yakni School Revolution, Age Oriented (let’s be old), dan The Enemy of Earth is You yang keseluruhan menggambarkan perlawanan.

Lagu School Revolution menceritakan tentang kegelisahan para pelajar terhadap aturan pihak sekolah yang terkesan melakukan diskriminasi.

Kemudian, Age Oriented (let’s be old), mengandung isu diskriminasi, sementara lagu The Enemy of Earth is You, mengkritik kelompok tertentu yang kerap melakukan perusakan alam, penebar kebencian dan penghancur kemanusiaan, namun berlindung di balik slogan hak asasi manusia.

Firdda yang merupakan salah satu personil VoB mengatakan saat ini dukungan terbesar datang dari keluarga, teman, hingga Balaceprot (fans VoB).“Dulu orang tua ragu kami bisa main band, takut terbawa ke pergaulan negatif katanya. Tapi setelah kami buktikan tampil di televisi, keluarga mendukung penuh,” ujarnya. (nat/dbs)

 


Back to Top