Tanamkan Persatuan Tanah Air, Kemenag Gelar Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional di Bangka Belitung

gomuslim.co.id-Kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III akan digelar oleh Kementerian Agama. PPMN tahun ini akan dihelat di Bumi Perkemahan Selawang Segantang Koba, Bangka Belitung, 14 sampai 20 Mei 2017.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan PPMN III jadi salah satu program strategis Kemenag dalam menginteralisasi nilai-nilai kepramukaan. Ia merasa, PPMN III turut menjadi upaya Kemenag menyiapkan generasi bangsa yang cinta Tanar Air.

Dirinya menilai program ini relevan di tengah tantangan kampanye ideologi transnasional yang merambah ke seluruh lapisan masyarakat, termasuk pelajar.

“Pelajar merupakan generasi masa depan bangsa, sehingga rasa cinta Tanah Iar harus ditanamkan sejak dini. Mereka harus paham pendiri bangsa ini telah bersepakat untuk menjadikan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara dalam wadah NKRI yang ber-Bhineka Tunggal Ika," tutur Kamaruddin, Selasa (09/05/2017).

Tema yang diangkat untuk tahun ini adalah 'Kreatif, Terampil dan Berkarakter'. Pada perhelatan PPMN III kali ini, sebanyak 800 pramuka Madrasah Aliyah dari 34 provinsi seluruh Indonesia turut menjadi peserta.

Terdiri dari Pramuka Penegak, Official, Pembina Pendamping (Bindamping), serta Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda). Kemudian juga akan diikuti anggota pramuka perwakilan dari Kwarcab se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam proses penyelenggaraannya,Kementerian Agama akan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selain aktivitas kepramukaan, akan ada bincang wawasan kebangsaa, lomba cerita jasa pahlawan, serta lomba pembuatan film cinta Tanah Air. Ada pula pemecahan rekor MURI tentang Pantun Melayu Talibun, karnaval budaya, outing kebangsaan, bakti sosial dan ikrar pramuka madrasah cinta NKRI.

Diharapkan pula, PPMI III akan menjadi ajang siswa madrasah untuk lebih memahami dan membumikan Dasa Dharma Pramuka, mulai dari ketakwaan, cinta alam dan sesama, patriot, musyawarah, rela menolong, dan lainnya. Dari situ, PPMN diharapkan dapat memperkokoh wawasan kebangsaan dan kebhinekaan, sekaligus kebersamaan siswa madrasah.

Direktur KSKK Ditjen Pendis, Nur Kholis Setiawan menuturkan program akan dibuka langsung Menag Lukman Hakim Saifuddin. "Insya Allah PPMN akan dihadiri Menteri Agama pada 16 Mei nanti," ujar Nur.

Selain Menteri Lukman, seremonial pembukaan rencananya akan dihadiri Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Bupati dan Wali Kota dan Kepala Departemena Agama seluruh Bangka Belitung. Sebelumnya, PPMN I digelar di Magelang pada 2015, dan PPMN II dihelat di Ambon pada 2016 lalu. (nat/kemenag/dbs)


Back to Top