Lewat Gerakan #Zakat360, Dompet Dhuafa Ajak Masyarakat Buka Belenggu Kemiskinan

gomuslim.co.id- Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H/2017 M, Dompet Dhuafa menggulirkan program #Zakat360 dengan tema Buka Belenggu Kemiskinan. Lanjutan gerakan Zakatnesia ini bertujuan untuk membangkitkan semangat gaya hidup berzakat yang terus menyatu dengan Indonesia.

Menurut GM Resource & Mobilization Dompet Dhuafa, Urip Budiarto, #Zakat 360 berupaya mengubah kondisi kemiskinan menjadi keberdayaan. "Gerakan ini dukungan secara komperhensif dan totalitas kepada masyarakat, kita tidak mau setengah-setengah, 360 derajat,” ujar Urip dalam acara konferensi pers #Zakat360 Ramadhan 1438 H di Jakarta, Rabu (10/05/2017).

Ia menambahkan sejumlah program selama bulan Ramadhan tahun ini sudah disiapkan guna menguatkan gerakan tersebut. Beberapa diantaranya seperti penyediaan 1438 kantong darah untuk penderita Talasemia, Festival Kuliner, berbagi Parsel Lebaran, Sahabat Berbagi Harapan, Mudik Berkah dan Aman, paket bantuan Ramadhan kepada anak-anak di Suriah dan Somalia, serta beberapa program lainnya.

“Program-program tersebut tentu tak berdampak banyak tanpa dukungan masyarakat semua. Karena dengan gerakan bersama, akan semakin mudah mewujudkan bahwa zakat dan keberkahan Ramadhan dapat membuka belenggu-belenggu kemiskinan yang ada,” jelas Imam.

Selain itu, Dompet Dhuafa juga bakal menyediakan hadiah 500 unit alat bantu bagi difabel mulai dari kaki palsu, kursi roda dan alat bantu dengar. Khusus bagi difabel, akan ada kegiatan bertema sahabat berbagi harapan, yang diisi pemberian motivasi dan semangat.

Paket Lebaran diberikan kepada buruh tani, petugas gali kubur, buruh migran, murid berkebutuhan khusus dan guru pedalaman. Untuk mudik, ada mudik gratis guru perbatasan, posko ramah anak dan kemudahan perjalanan mudik difabel.

“Selain sebagai kewajiban dan membersihkan harta bagi yang menunaikannya (muzaki), zakat memang memberikan manfaat bagi para penerima (mustahik). Semangat #Zakat 360, di sini kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjadikan zakat sebagai kunci pembuka belenggu kemiskinan di negeri ini,” paparnya.

Kemudahan dan Inovasi Layanan Donasi

Dompet Dhuafa mempersiapkan berbagai layanan untuk mempermudah masyarakat meluaskan aktivitas kebaikan di bulan Ramadhan. Dompet Dhuafa menghadirkan kemudahan menunaikan Ziswaf melalui kanal perbankan, QR Code, e-Money, dan 90 konter di beberapa mall, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan seluruh jaringan Hypermart dan Matahari di Indonesia.

Selain itu, Dompet Dhuafa juga bekerja sama dengan perusahaan e-commerce dan digital. Kemudian DD tetap setia menghadirkan layanan jemput zakat, konsultasi 24 jam online seputar Ziswaf dan tema keislaman. Selama bulan Ramadhan, DD berusaha menghadirkan berbagai layanan yang memudahkan masyarakat melakukan amal kebaikan.

Sekadar informasi, Dompet Dhuafa adalah lembaga nirbala milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan atau lembaga). Selama 23 tahun lebih, DD telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (njs)


Back to Top