Ini Produk Reksa Dana Syariah Terbaru dari Manulife Aset Manajemen Indonesia

gomuslim.co.id- Industri keuangan syariah Tanah Air terus berupaya menghadirkan produk terbaik bagi setiap nasabah. Terbaru, sebagai harapan supaya menjadi tempat investasi bagi investor pemula, PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) meluncurkan reksa dana syariah anyar bertajuk Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI).

Cukup dengan pembelian awal minimal Rp 10.000, produk reksadana syariah ini mulai ditawarkan kepada investor pada 12 Mei 2017. Presiden Direktur MAMI, Legowo Kusumonegoro mengatakan produk MSSI menawarkan potensi imbal hasil yang lebih tinggi dari deposito perbankan syariah.

“Reksadana MSSI dapat menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan dana simpanannya sesuai dengan prinsip syariah. Selain menawarkan potensi imbal hasil yang lebih tinggi dari deposito syariah, reksadana ini juga akan membagikan dividen. Investor dapat memanfaatkan produk ini sebagai tempat untuk menyiapkan dana ibadah haji maupun umroh,” ujarnya, Kamis (12/5/2017).

Lebih lanjut, Legowo menuturkan reksa dana MSSI juga memberikan dividen kepada investornya dan diinvestasikan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. "Harapannya bisa memberikan imbal hasil kepada investor atau minimal setara dengan rata-rata bagi hasil deposito syariah 1 bulan ditambah 2 persen setelah pajak," katanya.

Legowo mengatakan reksa dana MSSI memiliki tingkat risiko yang relatif rendah, karena pemilihan aset yang diinvestasikan di portofolio reksa dana MSSI adalah sukuk dengan tenor yang pendek, sehingga memiliki likuiditas.

"Reksa dana MSSI itu juga dapat dijadikan sebagai sarana lindung nilai, investor yang sudah memiliki investasi di reksa dana saham pun dapat memanfaatkan reksa dana MSSI sebagai penyeimbang di saat volatilitas pasar saham sedang tinggi," katanya.

Legowo menambahkan, bagi para investor yang sudah memiliki investasi di reksadana saham pun dapat memanfaatkan reksadana MSSI sebagai penyeimbang di saat volatilitas pasar saham sedang tinggi.

Ia mengemukakan berdasarkan backtesting yang dilakukan, secara historis MSSI memberikan kinerja lebih tinggi dibandingkan produk perbankan. Reksa dana MSSI mengalokasikan 85 persen hingga 100 persen dari aset yang dikelola untuk diinvestasikan di sukuk pemerintah maupun korporasi, dan 0-15 persen di instrumen pasar uang syariah di bawah 1 tahun.

Selain itu, reksadana MSSI ini juga memiliki likuiditas yang tinggi, sehingga para investor dapat mencairkan dananya setiap hari bursa. MAMI akan memproses pencairan dana investor dalam 2-3 hari kerja, sebelum dana tersebut diterima di rekening tabungan investor. Saat ini MSSI didistribusikan secara langsung ke masyarakat luas melalui Wealth Specialist MAMI yang telah bersertifikasi dan akan segera didistribusikan melalui mitra distribusi MAMI.

Reksa dana MSSI menjadi reksa dana syariah ketiga yang dikelola oleh MAMI. Sebelumnya MAMI telah mengelola reksa dana Manulife Syariah Sektoral Amanah (MSSA) dan reksa dana Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dolar AS (MANSYAF) yang keduanya merupakan reksa dana saham syariah.

Legowo Kusumonegoro mengharapkan bertambahnya jumlah produk investasi di MAMI dapat meningkatkan jumlah investor sehingga memperkuat industri pasar modal Indonesia. "Investor reksa dana di domestik sekitar 500.000 investor, saat ini MAMI memiliki sebanyak 180.000 investor. Tahun ini diharapkan jumlah investor lebih tinggi 10-15 persen," katanya. (njs/dbs)


Back to Top