Jadi Bangunan Tertinggi di Dunia, Proyek Jeddah Tower Akan Rampung pada 2019

gomuslim.co.id- Proyek pengerjaan bangunan tertinggi di dunia, Jeddah Tower, di Arab Saudi diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2019. Pangeran Saudi mengakui ada sedikit keterlambatan dalam pembangunan gedung dibanding jadwal semula.

Adapun, Jeddah Tower rencananya akan menjulang hingga 1 km dari permukaan tanah. Menara tersebut memiliki tinggi ‎hampir 3.000 kaki dan lebih tinggi dari Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab. Jeddah Tower akan berdiri satu kilometer memanjang ke atas. Bangunan akan menampilkan teras berlantai kaca dengan ketinggian 610 meter.

Pangeran Alwaleed bin Talal dalam publikasi  AFP mengatakan  proyek ini memang sempat tertunda, tapi akan dibuka pada 2019. Dia mengepalai Kingdom Holding Company yang berafiliasi dengan Jeddah Economic Company untuk mengembangkan puncak menara.

Sebelumnya, Pangeran Alwaleed pertama kali mengumumkan rencana pembangunan Jeddah Tower pada Agustus 2011. Saat itu, dia mengatakan, proses pembangunan memakan waktu 36 bulan sejak dimulainya konstruksi. Pada November 2014, Alwaleed mengatakan bangunan tersebut akan selesai pada tahun 2018.

Untuk diketahui, gedung pencakar langit ini dibangun dengan biaya awal sebesar 4,6 miliar Riyal Saudi. Jika selesai pada 2019 seperti yang direncanakan, Jeddah Tower akan mencapai ketinggian yang belum pernah ada sebelumnya. Total biaya yang akan dikeluarkan pembangunan tersebut diperkirakan mencapai 75 miliar Riyal saudi.

Awalnya, Kerajaan Saudi menginginkan merencanakan tinggi menara tersebut 1,6 kilometer. Namun geologi daerah tersebut terbukti tidak sesuai untuk menara setinggi itu. Desain Jeddah Tower diciptakan oleh arsitek Amerika Serikat Adrian Smith, yang juga merancang Burj Khalifa. Dia menggabungkan banyak fitur struktural dan estetika yang unik.

Pangeran Arab Saudi Alwaleed bin Talal menjadi pemimpin proyek tersebut. Selain itu,   Jeddah Tower disebut-sebut sebagai ikon penting  dan secara budaya akan melambangkan kekayaan dan kekuasaan Saudi. Pada 31 Desember 2016, pembangunan menara sudah mencapai 38 lantai.

Biaya konstruksi bangunan yang juga disebut Kingdom Tower ini diperkirakan mencapai USD 1,23 miliar. Kingdom Tower akan memiliki 200 lantai yang langsung menghadap ke Laut Merah. Diperkirakan konstruksi dari menara ini akan membutuhkan 80.000 ton baja dan 5,7 juta kaki kuadrat beton.

Direncanakan di lantai 157 akan dibuat teras atau semacam balkon. Jika terealisasi, maka ini akan menjadi teras tertinggi. Untuk membangun gedung ini, tekanan angin bisa menjadi tantangan tersendiri. Untuk mengantisipasinya, desain dari struktur akan berubah di beberapa lantai. (fau/afp/dbs)


Back to Top