Tiga Lokasi Ini Bakal Jadi Contoh Pengembangan Potensi Wisata Halal di Kabupaten Tangerang

gomuslim.co.id- Sejumlah daerah di Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan wisata halal. Salah satu daerah yang kini melirik sektor ini adalah Kabupaten Tangerang. Baru-baru ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berencana menjadikan beberapa lokasi sebagai proyek percontohan sejumlah obyek wisata halal.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan beberapa lokasi seperti obyek wisata Tanjung Pasir, Telaga Biru, Tanjung Kait maupun Pulau Cangkir layak jadi obyek wisata halal. Hal ini karena kawasan tersebut didukung oleh sarana dan prasarana yang sudah tersedia.

“Bahkan pengelola obyek wisata di sana mayoritas adalah penduduk setempat yang memeluk Agama Islam sehingga layak menjadi wisata halal. Jadi upaya tersebut dilakukan karena Kabupaten Tangerang telah ditetapkan oleh Pemprov Banten menjadi salah satu destinasi wisata halal," kata Ahmed Zaki, Minggu (14/5/2017).

Ahmed Zaki memberikan aprsesiasi kepada penyelenggara pameran wisata halal di Kecamatan Kelapa Dua. Menurutnya, kegiatan tersebut telah berhasil mendatangkan wisatawan dari mancanegara.

“Keberadaan wisata halal itu diharapkan dapat memberikan manfaat lebih kepada penduduk setempat karena dapat memasarkan hasil kerajinan untuk dijual kepada turis. Momentum wisata halal dapat menjadi aspirasi maupun kebijakan dari pemerintah setempat dalam membuat regulasi,” jelasnya.

Di sisi lain, Kabupaten Tangerang merupakan salah satu kawasan terluas di Banten memiliki obyek wisata halal sehingga menjadi salah satu persyaratan. Masalah itu karena beberapa obyek wisata di daerah ini dapat dikembangkan sebab ada kearifan lokal yang religi karena mayoritas penduduk beragama Islam.

Obyek wisata bahari dapat dijadikan pilot proyek percontohan dengan menyajikan aneka kuliner halal maupun pertunjukan musik maupun budaya yang Islami. “Pemkab Tangerang, menyiapkan sarana maupun prasarana pendukung untuk wisata halal tersebut sehingga dapat dinikmati turis lokal maupun mancanegara,” katanya.

Sebelumnya, Ahmad Zaki Iskandar membuka Festival Wisata Halal Banten 2017 yang digelar di Islamic Village Education Area, Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Islamic Village, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (12/5/2017).

Kegiatan tersebut yang akan dihelat selama tiga hari tersebut, 12-14 Mei 2017, menampilkan beragam acara, diantaranya Talk Show Wisata Halal, Bazzar Kuliner Halal, Lomba Desain Hotel dan Kawasan Wisata Halal, Lomba Menulis Konsep Wisata Halal, Sertifikasi Halal UMKM, Halal Cooking Competition, Marawis Competiton dan Lomba Duta Wisata Halal. Selain itu, akan turut dimeriahkan dengan konser Opick.

Festival Wisata Halal Banten 2017 di Islamic Village bertujuan untuk dapat ikut andil dalam mendukung, mendorong dan mempromosikan Provinsi Banten khususnya Kabupaten Tangerang menjadi salah satu Destinasi Wisata Halal.

Acara ini juga akan mendorong Pemerintah Provinsi Banten untuk memberikan perhatian khusus terhadap berbagai kawasan wisata religi, wisata strategis, kuliner halal, bahkan fashion halal serta ekonomi kreatif berbasis kerakyatan yang frendly terhadap wisatawan Muslim. (njs/dbs)

 


Back to Top