Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional 2017 di Babel Resmi Dibuka Menag

gomuslim.co.id- Kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN III) resmi dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim di Bumi Perkemahan Selawang Segantang Bangka Tengah Babel. Kemudian pembukaan ditandai dengan pemukulan beduk oleh Menag Lukman bersama Ketua Kwarnas dan Wagub Babel.

"Kemenag dan seluruh jajarannya berkomitmen agar gerakan Pramuka tidak hanya dijaga dan dipelihara, tapi juga dikembangkan sehingga para pramuka kita mampu merespon berbagai persoalan masyarakat, bangsa, sesuai situasi dan kondisinya dengan penuh kearifan," ungkap Menag, Selasa (16/05).

Lukman bersama Kemenag akan terus menjaga dan memelihara tradisi baik para pendahulu, yaitu kegiatan perkemahan yang dilakukan setiap tahun. Tak hanya di madrasah, tapi juga pesantren dan mahasiswa perguruan tinggi keagamaan Islam.

Di kesempatan yang sama Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault menyampaikan apresiasinya kepada komitmen Kementerian Agama terhadap pengembangan gerakan Pramuka.

"Terima kasih kepada Kemenag yang memberi perhatian dan komitmen memajukan pramuka, baik yang berbasis PTKIN, madrasah, maupun pesantren. Setiap tahun ada kegiatan kepramukaan berbasis pendidikan Islam," katanya.

Sementara itu, Dirjen pendidikan Islam selaku penanggung jawab melaporkan bahwa PPMN III diselenggarakan atas sinergi Kemenag, Kwartir Nasional, Pemprov Babel, dan Pemkab Bangka Tengah.

Kegiatan PPMN III tahun ini mengangkat tema “Kreatif, Terampil dan Berkarakter” yang di gelar di Buper Selawang Segantang dari 14 sampai 20 Mei. Kegitan berkemah ini diikuti 864 peserta dari dua kategori, kontigen daerah sekitar Indonesia masing-masing 20 orang dan kontigen cabang provinsi Babel terdiri 18 orang.

Terdiri dari Pramuka Penegak, Official, Pembina Pendamping (Bindamping), serta Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda). Kemudian diikuti anggota pramuka perwakilan dari Kwarcab se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam proses penyelenggaraannya, Kementerian Agama menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun bagian dalam rangkaian acara kali ini dilakukan pemecahan rekor MURI Gebyar pantun Melayu Talibun dengan pelangsir terbanyak dan deklarasi Pramuka Madrasah Cinta NKRI.

PPMI III diharapkan akan menjadi ajang siswa madrasah untuk lebih memahami dan membumikan Dasa Dharma Pramuka, mulai dari ketakwaan, cinta alam dan sesama, patriot, musyawarah, rela menolong, dan lainnya. Dari situ, PPMN diharapkan dapat memperkokoh wawasan kebangsaan dan kebhinekaan, sekaligus kebersamaan siswa madrasah. (nat/kemenag/dbs)

 


Back to Top