Waralaba Kebab Turki Baba Rafi Jajaki Pasar Malaysia

gomuslim.co.id- Makanan Kebab khas Turki, Baba Rafi waralaba asal Surabaya memiliki perkembangan penjualan yang pesat di pasar Negeri Jiran Malaysia. Group Managing Director INKY, Afandi Oh bin Umar Oh mengatakan sejak dibawa dari Indonesia tahun 2012, kini sudah ada 25 cabang  di Malaysia.

Afandi sendiri merupakan salah satu pemegang waralaba Baba Rafi di Malaysia. "Yang terbanyak berada di Klang Valley atau Kuala Lumpur, kemudian ada di Johor Bahru, Kedah dan Perak juga ada. Namun belum semua negara bagian ada Babarafi," ujarnya, pada acara 24th International Franchise Exhibition & Conference di PWTC Kuala Lumpur. Dia merupakan pemegang waralaba Baba Rafi di Malaysia.

Rencananya dalam dua tahun mendatang, pihaknya akan membuka 25 outlet lagi. "Jadi 50 outlet sebelum 2020. Pada 2019 harus sudah mempunyai 50 outlet. Sekarang kami mau fokus developing menunya seperti hotdog yang dipamerkan," tukasnya.

Selama perkembangan lima tahun terakhir ia bersyukur Baba Rafi berkembang baik. "Baba Rafi di sini Alhamdulillah sudah lima tahun. Tantangan kami di sini, kami akan mengenalkan Baba Rafi kepada semua orang bukan hanya kaum pribumi saja," katanya.

Afandi melanjutkan ia bersama pihaknya akan membuka outlet kebab di rumah sakit, tempat nonton bioskop, mall dan lain-lain. "Harga paket franchisenya antara RM 100 ribu hingga RM 130 ribu untuk kios. Tetapi kalau ruko lebih mahal lagi," katanya.

Sementara itu Kebab Turki Baba Rafi menjadi satu-satunya waralaba asal Indonesia yang tampil pada 24th International Franchise Exhibition & Conference (FIIM) 2017. Pameran waralaba tersebut diikuti 48 peserta dari Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, Filipina dan Thailand. Agenda utama dari pameran tersebut adalah pameran peserta lokal dan internasional, konferensi waralaba internasional, franchise business matching dan franchise consult session.

Kebab Turki Baba Rafi, baru mengantongi sertifikat halal dari MUI sejak lima tahun lalu. Sebab awal pemasaran produk Kebab Turki Baba Rafi dipusatkan di Surabaya dan daerah sekitarnya. Baru saat perusahan semakin berkembang dan berpindah kantor ke Jakarta, pihak perusahan mengurus kehalalan produk.

Selain mengurus sertifikasi halal di Indonesia, pihak Baba Rafi juga selalu mengusahkan untuk mendapatkan pengakuan kehalalan produk dari tiap negara tempat gerai mereka berjualan. (nat/dbs)

 


Back to Top