Kota San Jose Jadi Pusat Dakwah Komunitas Muslim di Negara Kosta Rika

gomuslim.co.id- Komunitas Muslim di belahan negara kian berkembang, salah satunya di negara Kosta Rika yang memiliki dua komunitas Muslim. Komunitas Muslim dengan jumlah pengikut yang cukup banyak tinggal di ibu kota negara, yakni San Jose.

Kebanyakan dari mereka memusatkan kegiatan di Centro Cultural Musulman De Costa Rica. San Jose memang dikenal sebagai rumah bagi umat Islam di Kosta Rika. Komunitas ini juga memiliki hubungan yang baik dengan organisasi Muslim lainnya di Karibia, seperti di Panama dan Nikaragua. 

Tak hanya itu, terdapat pula komunitas Islam yang menjadi bagian dari Centro Islamico De Costa Rica. Komunitas ini juga terdapat di San Jose. Komunitas tersebut aktif berdakwah dan menyelenggarakan tabligh.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Islam Kosta Rika, Dr Abdul Fatah Sasa mengatakan bahwa kebanyakan Muslim di Kosta Rika adalah pengikut ajaran Sunni.

“Islam di Kosta Rika sangat minoritas. Ada sebanyak 76,3 persen penduduk Kosta Rika beragama Katolik. Sedangkan, 13,7 persennya adalah penginjil. Meski demikian, perkembangan Islam di wilayah ini cukup potensial. Kini, semakin banyak warga lokal yang beralih keyakinan menjadi Muslim,” papar Sasa.

Walau kebanyakan Muslim tidak berasal dari Kosta Rika, kebebasan mereka untuk menjalankan ibadah sangat dihargai. Pada 2003, mereka diperkenankan membangun sebuah masjid di San Jose.

"Tidak seperti di negara lain, tidak ada konflik agama di Kosta Rika. Bahkan ketika Muslim memutuskan untuk membangun masjid, tidak ada protes dari warga setempat. Orang Kosta Rika bisa menerimanya dengan baik," ujar Sasa. 

Kemudian masjid tersebut menjadi pusat kegiatan agama bagi Muslim Kosta Rika. Setiap akhir pekan, umat Islam setempat datang untuk mendalami Islam. Di masjid ini pula, dibuka kelas untuk mengkaji Islam pada Sabtu dan kelas bahasa Arab setiap Ahad.

Kemudian yang menarik dari Kosta Rika, kendati dari berbagai budaya dan bangsa, Muslim Kosta Rika mampu menjaga komunikasi. Mereka dipersatukan akidah yang terimplementasikan dari pelaksanaan ibadah berjamaah dan silaturahim di hari besar Islam seperti Idul Fitri.

Misalnya pada waktu Ramadhan, sudah menjadi tradisi di kalangan Muslim Kosta Rika menggelar buka bersama dengan membawa sajian berbuka dari masing-masing negara asal. Sembari berbuka, mereka berbagi cerita tentang tradisi di negara asalnya.

Harus diakui, hidup dan menetap di negara yang jauh dari negara asal serta menjadi kaum minoritas, tentu bukan perkara mudah. Namun, Islam mempersatukan mereka dan membentuk ikatan yang kuat. (nat/ticotimes/dbs) 

  

 

 


Back to Top