Kabupaten Tangerang Punya Potensi Wisata Halal

gomuslim.co.id- Industri wisata halal mulai dilirik Kota Tanggerang. Melalui proyek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, menjadikan kota ini sebagai percontohan sejumlah obyek wisata halal karena memiliki potensi untuk dikembangkan.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan kawasan Tangerang layak sebagai obyek wisata halal karena didukung oleh sarana maupun prasarana yang tersedia.

“Seperti obyek wisata Tanjung Pasir, Telaga Biru, Tanjung Kait maupun Pulau Cangkir,” kata Ahmed.

Lanjut Ahmed, pengelola obyek wisata itu mayoritas adalah penduduk setempat yang memeluk Agama Islam sehingga layak menjadi wisata halal. “Upaya tersebut karena Kabupaten Tangerang telah ditetapkan oleh Pemprov Banten menjadi salah satu destinasi wisata halal,” katanya.

Dalam pameran wisata halal di Kecamatan Kelapa Dua, Ahmed Zaki memberikan aprsesiasi kepada penyelenggara karena dianggap berhasil dengan mendatangkan wisatawan mancanegara.

Sementara itu, momentum wisata halal dapat menjadi aspirasi maupun kebijakan dari pemerintah setempat dalam membuat regulasi. Hal tersebut karena Kabupaten Tangerang salah satu kawasan terluas di Banten memiliki obyek wisata halal sehingga menjadi salah satu persyaratan.

Beberapa obyek wisata di daerah ini dapat dikembangkan sebab ada kearifan lokal yang religi karena mayoritas penduduk beragama Islam. Pada hakekatnya obyek wisata bahari itu dijadikan pilot proyek percontohan dengan menyajikan aneka kuliner halal maupun pertunjukan musik maupun budaya yang Islami.

Karena itu, Pemkab Tangerang menyiapkan sarana maupun prasarana pendukung untuk wisata halal tersebut sehingga dapat dinikmati turis lokal maupun mancanegara. Demikian pula pemerintah setempat melakukan pengawasan terhadap penjualan makanan maupun minuman halal pada obyek wisata itu. 

Kota Tangerang adalah sebuah kota yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak tepat di sebelah barat ibu kota negara Indonesia, Jakarta. Kota Tangerang berbatasan dengan Kabupaten Tangerang di sebelah utara dan barat, Kota Tangerang Selatan di sebelah selatan, serta Daerah Khusus Ibukota Jakarta di sebelah timur. Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta dan Bekasi di provinsi Jawa Barat dan termasuk Jalan Nasional Rute. (nat/dbs)

Baca juga:

Tiga Lokasi Ini Bakal Jadi Contoh Pengembangan Potensi Wisata Halal di Kabupaten Tangerang


Back to Top