Sambut Ramadhan, Ini Fitur Panduan Muslim dari Advan G1

gomuslim.co.id- Persiapan menyambut bulan suci Ramadhan kini mulai digalakan beberapa kalangan. Hal ini termasuk yang dilakukan sebuah perusahaan penyedia Smartphone, Advan. Baru-baru ini, Advan G1 mengenalkan fitur Panduan Muslim yang memudahkan umat Islam selama menjalani ibadah puasa.

Sebagai sebuah inovasi teknologi, smartphone memungkinkan untuk diisi berbagai konten sesuai dengan preferensi penggunanya, termasuk dalam kaitan beribadah. Terlebih dengan momen bulan suci Ramadhan yang akan datang sebentar lagi, setiap muslim pasti ingin lebih fokus dalam beribadah.

Di toko aplikasi Google Play Store, saat ini terdapat beragam aplikasi untuk mendukung kebutuhan tersebut. Misalnya agar sholat tepat waktu, terdapat aplikasi jadwal sholat. Kemudian untuk membaca Alquran, terdapat aplikasi Alquran digital, dan sebagainya.

Direktur Marketing Advan, Tjandra Lianto, mengatakan saat ini smartphone bisa menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada sang Pencipta. "Hal ini yang mendasari kami untuk mengembangkan aplikasi Panduan Muslim pada Advan G1 agar umat Islam di Indonesia semakin mudah dalam beribadah dengan memanfaatkan kecanggihan ponsel pintar," kata Tjandra, di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Tjandra menjelaskan Panduan Muslim yang dikembangkan oleh Advan telah menjadi fitur built-in dalam sistem operasi IDOS (Indonesian Operating System) 6.1.2 atau yang lebih baru. Hal ini, kata dia, tentunya berbeda dengan aplikasi Islami lainnya yang diinstal terlebih dahulu dari Play Store.

“Sistem operasi custom berbasis Android Marshmallow tersebut bisa dicoba pada smartphone terbaru Advan G1. Di smartphone tersebut, pengguna bisa langsung menjalankan aplikasi Panduan Muslim dari home screen,” ungkapnya.

Dalam mengembangkan IDOS dan Advan G1, kata Tjandra, pihaknya benar-benar merancang khusus sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Salah satunya, lanjut dia, fitur Panduan Muslim yang menampilkan Alquran, Asmaul Husna, petunjuk arah kiblat, jadwal salat, kalender muslim, dan restoran halal.

"Fitur ini pun terus kami kembangkan agar lebih kaya dan memberi manfaat kebaikan untuk umat Islam di Indonesia. Kesemua fitur tersebut diharapkan dapat membantu bagi mereka yang beragama Islam untuk mendukung aktivitas sehari-hari, terutama ketika menjalankan ibadah di bulan Ramadan," paparnya.

Seperti diketahui, Advan G1 hadir menyedot perhatian konsumen, smartphone ini digadang-gadang sebagai iPhone versi Android dengan harga Rp. 2 jutaan. Disebut iPhone versi Android karena material Advan G1 dibuat dari metal, berfitur camera 13 MP danfront camera 8 MP, menggunakan lensa Largan. Lensa tersebut masuk dalam kategori lensa premium dan digunakan salah satunya oleh iPhone.

Advan G1 juga menggunakan IDOS, Indonesia Operating System. Sampai saat ini, sistem operasi ini telah mencapai versi IDOS 6.1.2 yang memakai basis Android Marshmallow 6.0 di mana konsumen sudah bisa mencoba kecanggihanya di smartphone terbaru Advan G1.

Sistem operasi IDOS meningkatkan kesempurnaan di saat menjalankan beragam aktivitas dengan ponsel. Bahkan dengan tren belanja online yang meningkat, IDOS mampu memproteksi data pembayaran masyarakat sehingga dapat bertransaksi dengan lebih aman. Sesuai dengan namanya IDOS adalah kebanggaan masyarakat Indonesia sebagai operating sistem pertama dan satu-satunya yang dikembangkan oleh brand nasional. (njs/dbs)

 

 


Back to Top