Kenalkan Kredit Syariah, Al Ijarah Indonesia Finance Gelar Bazar Otomotif Moge

gomuslim.co.id- Industri keuangan syariah kian gencar mempromosikan pembiayaan berbasis syariah. Baru-baru ini, PT Al Ijarah Indonesia Finance (ALif), menggelar bazar otomotif bertajuk Big Bike is Better. Perusahaan yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Bank Muamalat itu menggandeng beberapa merek sepeda motor yakni Honda, Yamaha, Ducati, Triumph.

Sebagai tahap awal, kegiatan yang berlangsung mulai 18 sampai dengan 24 Mei 2017 ini dimulai dengan menghadirkan Honda dan Triumph. Kegiatan digelar di lobby utama Muamalat Tower Jl Prof DR Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sales Distribution and Network Division Head, Purwanto mengatakan, tujuan dari Bazar tersebut mengajak masyarakat untuk beralih ke pembiayaan syariah, dengan sasaran kelas menengah ke atas.

“Tujuannnya kami ingin mengenalkan kepada masyarakat kalau pembiayaan syariah itu tidak kampungan, tapi juga bisa gaya, sesuai dengan tema kami Big Bike is Better, makanya kami ajak pabrikan motor untuk membawa produk mogenya,” ujar Purwanto, Jum’at (19/5/2017) di Muamalat Tower.

Lebih lanjut, pria yang juga hobi touring ini menjelaskan, Bazar Otomotif ALif dilaksanakan bertahap, di tahap awal, pesertanya Honda dan Triumph. “Akan ada beberapa kali pameran, tahap awal, Honda dan Triumph, ini sengaja kami pasangkan supaya kompetitor tidak head to head, nanti Yamaha sama Ducati, jadi biar adil. Kalau disandingkan head to head kesannya nanti membenturkan saingan, makanya kami bedakan,” jelasnya.

Purwanto berharap, dengan adanya bazar otomitf berbasis pembiayaan syariah masyarakat paham dan bisa beralih ke pembiayaan syariah. Honda melalui Jakarta Honda Center (JHC) membawa Honda CMX500 Rebel, Honda CB 500X dan CB 500F, sedangkan Triumph memboyong Bonnevile series selama Bazar berlangsung.

Di sisi lain, pertumbuhan segmen sepeda motor besar (moge) masih terlihat positif karena didorong pertumbuhan masyarakat di kelas menengah. Atas dasar itu, salah satu pembiayaan kendaraan bermotor syariah, PT Al Ijarah Indonesia Finance (ALif) mulai melebarkan segmentasinya, dari mobil dan motor kecil, kini merambah ke motor besar.

Purwanto mengatakan, Alif Syariah yang sudah memiliki 21 kantor cabang, hadir sebagai perusahaan pembiayaan berbasis syariah sudah lama, namun lebih fokus terhadap pembiayaan korporasi.

“Alif syariah sudah lama tapi kami fokus di pembiayaan korporasi, mulai 2015 kami masuk ke retail saat itu hanya mobil dan motor kecil, dan sekarang mulai merambah ke sepeda motor besar,” jelas Purwanto.

Ketertarikan Alif syariah merambah ke pembiayaan motor besar, karena pasar motor besar cukup segmented. “Sepeda motor besar itukan segmented dan juga sebagai motor hobi yang tidak semua orang mau beli motor besar, orang yang bisa beli mobil belum tentu mau beli moge, tapi orang punya moge sudah pasti punya mobil, jadi kami mengejar ke arah situ,” jelasnya.

Ada beberapa keuntungan menggunakan pembiayaan syariah, di antaranya keuntungannya jelas lebih terasa karena menggunakan akad jual beli, pembayaran uang muka ringan. (njs/dbs)


Back to Top