‘Jabar Mengaji’ Ajak Warga Jawa Barat Biasakan Membaca Alquran

gomuslim.co.id- Jawa Barat menggelar ‘Jabar Mengaji’ bersama Komunitas One Day One Juz (ODOJ) yang diselenggarkan di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung, pada Minggu (21/05/2017).

Kegiatan ini diikuti oleh ribuan peserta dari Jawa Barat dan sekitarnya untuk membaca Alquran bersama. Ketua Panitia Jabar Mengaji Lukmanul Hakim mengatakan acara ini merupakan kegiatan untuk menyosialisasikan ajakan membaca Alquran setiap harinya kepada seluruh masyarakat Jawa Barat. Sehingga setiap waktunya dapat diisi dengan mengaji kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

"Tujuannya kami ingin memasyarakatkan ODOJ yaitu amalan tilawah satu hari satu juz. Tidak hanya kepada anggota komunitas ODOJ tapi masyarakat luas. Kalau lagi menunggu antrian bank bisa diisi membaca Alquran, lagi nunggu istri belanja bisa tilawah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyosialisasikan itu," papar Lukman.

Selain itu, acara ini juga diikuti oleh hampir 6.000 peserta. Mereka berasal dari anggota komunitas ODOJ dari berbagai wilayah di Jawa Barat. Namun ada pula peserta dari kalangan masyarakat umum yang datang dari luar Jawa Barat seperti Jakarta, Palembang, hingga Palembang.

Kegiatan yang dimulai sejak pagi ini difokuskan membaca Quran juz 29 secara bersama-bersama. Tilawah dipimpin tahfidz Quran dari berbagai profesi mulai dari dokter, pelajar, hingga karyawan. 

"Ini sengaja supaya kita bisa memotivasi bahwa membaca Alquran bahkan menghapalnya bukan hanya dari ustadz atau santri. Siapapun bisa, sehingga lebih tertarik lagi mendalami Alquran," katanya. 

Komunitas ODOJ, lanjut Lukman ingin menyiarkan betapa membaca Alquran setiap hari sangat bermanfaat. Walaupun tidak langsung satu juz, terutama bagi pemula bisa mengawalinya secara bertahap mulai dari satu lembar. Tak hanya tilawah, acara juga diisi tausyiah dari KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan turut mengapresiasi kegiatan Jabar Mengaji yang diadakan Komunitas ODOJ. “Alquran merupakan panduan hidup umat manusia.

Acara ini acara yang sangat baik. Kita melihat Alquran sebagai sumber kebaikan yang apabila dibaca saja itu bisa membuat orang lebih tenteram. Apalagi kalau kemudian dibaca, dimengerti, dipahami lebih dalam dan dijelaskan pasti lebih baik lagi," papar Heryawan.

Diharapkan pula agar masyarakat Jawa Barat mulai mengenalkan Alquran kepada anak-anaknya sejak dini. Sehingga generasi yang akan datang adalah generasi yang hebat karena dekat dengan kitab suci yang menjadi panduan hidupnya.

"Dalam rangka membangun moralitas saya atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengajak warga Jawa Barat untuk membaca Alquran. Insya Allah maka Jabar lebih aman, lebih tentram juga dalam konteks hubungan dengan manusia lebih menghormati," tukasnya. (nat/dbs)


Back to Top