Kembangkan Potensi Pariwisata di Eropa, Balkan Garap Paket Wisata Muslim

gomuslim.co.id- Pariwisata halal kian menggaungkan kiprahnya di penjuru dunia. Wakil Ketua Himpuh Budi Darmawan mengatakan dari segi potensi baik berupa destinasi dan pasar, potensi wisata Muslim masih harus terus diperbaiki.

Kemudian, khusus untuk paket wisata Muslim wilayah Balkan di Eropa yang kini belum tergarap, maka bila ingin menjadikannya sebagai tujuan wisata perlu dilakukan secara cermat. “Potensi paket Muslim, khususnya ke Balkan memang sangat menjanjikan. Tinggal bagaimana mengemasnya. Sebab, memang banyak hal yang harus disiapan secara baik bila ingin menjadikannya sebagai sebuah paket perjalanan,” ujar Budi.

Lanjut Budi, mengemas destinasi baru memang tidak mudah. Apalagi bila itu akan disebut sebagai salah satu paket wisata Muslim. Ini karena jelas membutuhkan banyak persyaratan.

“Jadi tak hanya memperhitungkan syarat utama paket wisata seperti keindahan alam dan sarana perjalanan, bila ingin wilayah Balkan ingin dijadikan paket wisata Musim maka harus memperhatikan beberapa prasyarat. Hal ini terutama menyangkut soal ketersedian makanan halal dan tempat untuk melakukan ibadah secara baik,’’ terangnya.

Pemandu wisata asal Turki Sulaiman mengakui harus ada perencanaan yang cermat bila ingin memasarkan paket ini. Beberapa hal itu diantaranya adalah memperhitungkan soal lama perjalanan, panjang perjalanan, dan fasilitas wisata.

“Mungkin dipilih saja wilayah yang benar-benar menjadi tempat tinggal kaum Muslim yang ada di wilayah Balkan, seperti di Bosnia. Sebab, kalau wilayah Balkan di mana kaum Muslimnya minoritas, maka nantinya para peserta tour Muslim bisa merasa bosan karena selalu melihat bangunan gereja dan susah menemukan tempat shalat serta makanan yang halal,” tukas Sulaiman.

Balkan ialah nama historis dan geografis yang digunakan menggambarkan Eropa bagian tenggara. Daerah ini memiliki daerah gabungan 550.000 km² dan penduduk sekitar 53 juta.

Daerah ini mendapatkan namanya dari pegunungan Balkan yang melintasi pusat Bulgaria ke Serbia bagian timur.

Daerah Balkan merupakan daerah pertama Eropa yang mengalami datangnya budaya pertanian pada masa Neolithikum. Praktik menanam butir padi dan pemeliharaan ternak datang di Balkan dari Bulan Sabit Subur melalui Anatolia, dan menyebar ke barat dan utara ke dalam Pannonia dan Eropa Tengah. (nat/dbs)

 


Back to Top