Sekolah di AS Ini Siapkan Hijab Khusus untuk Siswi Muslimah Berolahraga

gomuslim.co.id- Keterlibatan wanita berhijab di kompetisi bidang olahraga terkadang menjadi sebuah dilema ketika ada beberapa cabang olahraga yang tidak mengizinkan atletnya mengenakan hijab. Hal ini yang membuat sejumlah dari mereka tidak berkembang.

Melihat hal itu, sejumlah lembaga berusaha membantu para Muslimah untuk tetap aktif berolahraga dan mengembangkan minatnya dengan memberikan izin mengenakan hijab saat berolahraga.

Namun, bukan hanya sekedar mengizinkan, Deering High School, Portland, Oregon, Amerika Serikat, adalah salah satu sekolah di kawasan Amerika Serikat yang sengaja menyiapkan hijab khusus untuk murid Muslimnya berolahraga. Bahkan pihaknya juga menawarkan fasilitas hijab untuk muridnya yang ingin menjadi atlet.

Kabar ini tentu membuat murid-murid Muslim merasa senang. Hijab menjadi bagian dari seragam Deering High School. Dan sekolah itu juga disebut-sebut sebagai sekolah pertama di Amerika yang menyediakan seragam berhijab.

Siswi kelas dua dari Deering High School, Tabarek Kadhim mengaku awalnya merasa tak bisa berolahraga karena hijabnya. Ia merasa kurang nyaman bila menggunakan hijab yang dikenakannya setiap hari.

“Mendengar adanya hijab khusus untuk atletik, aku merasa senang,” ujar Kadhim.

Sebelumnya, ia tidak bisa bermain tennis karena gugup dan malu tentang penggunaan hijab stylish yang ia pakai selama olahraga. Tapi sekarang ia benar-benar bisa bermain dan tidak khawatir hijabnya tertarik atau jatuh, seperti dilansir dari publikasi Portland Press Herald.

Pada musim semi tahun ini, Melanie Craig selaku Deering High School's athletics administrator, berharap dengan ini bisa mendorong banyak anak perempuan muslim untuk terjun ke olahraga. Ia juga menuturkan kalau banyak atlet Muslim yang berjuang untuk bertanding di kompetisi internasional dengan hijab tradisional mereka. 

“Jilbab tradisional yang biasa dipakai biasanya berbahan tebal dan terurai panjang ke depan atau belakang punggung. Namun untuk seragam hijab khusus atletik yang disiapkan Deering High School lebih ringan, menyerap keringat, dan praktis dipakai,” paparnya.

Dengan hadirnya hijab olahraga, diharapkan dapat membantu gerak bebas para hijabers. “Saat ini guru dan pihak sekolah memang mulai mengambil langkah-langkah ekstra tahun ini untuk memastikan siswi Muslim merasa aman dan dihargai. Aku merasa seperti dalam komunitas dan masyarakat muslim. Akhirnya para guru sekarang mendengar suara kita,” kata Siswa Deering High School, Sulwan Ahmed.

Saat ini baru ada sekitar sepuluh jenis hijab olahraga yang telah digunakan oleh para murid pecinta tennis hingga golf. Warna yang bisa menjadi pilihan mulai dari hitam, putih, dan ungu. Harga yang ditawarkan USD 45 atau sekitar Rp 600 ribu. (nat/herald/dbs)


Back to Top